image1 image2 image3

HELLO I'M YUDIANTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M MUSLIM

Pastikan 6 Pertanyaan ini Terjawab saat Kamu Menulis Rencana Studi Beasiswa LPDP




Harapan saya, saat kamu membaca artikel ini, kamu sudah berada pada tahap yang pertanyaannya bukan lagi tentang pertanyaan mendasar 5 W 1 H beasiswa LPDP. Pertanyaan apa itu LPDP, kapan pendaftarannya, apa syarat-syaratnya, bagaimana cara mendaftarnya dan pertanyaan mendasar lainnya dapat  dengan sangat jelas kamu ketahui pada buku panduan beasiswa LPDP yang dapat kamu unduh di sini. Serta pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh pendaftar dapat kamu ketahui dengan mengunjungi Frequently Asked Question (FAQ) atau pertanyaan-pertanyaan umum di website resmi LPDP di sini.

Berbagai informasi yang sangat berharga yang telah saya peroleh tentang LPDP, salah satunya bersumber pada berbagai blog milik awardee, yang dengan sukarelanya membagi pengalaman mereka mengenai perjuangan mendapatkan beasiswa LPDP. Begitu pula saya, saya ingin teman-teman lain dari segala penjuru Indonesia dapat menjadi bagian dari keluarga besar penerima beasiswa LPDP untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Melalui artikel ini saya berharap dapat membantu kalian untuk bisa melanjutkan studi dengan beasiswa, khususnya beasiswa LPDP.

Salah satu persyaratan administrasi untuk melamar beasiswa LPDP adalah rencana studi. Berikut saya berikan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan perlu diperhatikan saat kamu menyusun rencana studi milikmu untuk melamar program Master beasiswa LPDP.

1. Apa latar belakang dan motivasi kamu untuk studi di Universitas tujuanmu ?

Apa yang menjadi tujuanmu dan latar belakangmu sebaiknya terhubung. Artinya ketika kamu memilih universitas tujuanmu, kamu perlu menerangkan tentang background diri kamu, apa jurusanmu di universitas semasa kamu sarjana, bidang ilmu apa yang sudah kamu tekuni, sejauh apa kamu memahami bidang ilmu itu, seberapa besar kontribusimu pada bidang milikmu. Hal ini menjadi penting karena poin linieritas menjadi pertimbangan. Contoh, ketika latar belakangmu teknik dan misalnya saja kamu ingin melanjutkan untuk menekuni bidang yang sama maka kamu mempunyai modal yang kemungkinan akan lebih meyakinkan dan tidak akan dipertanyakan. Atau ketika kamu ingin menekuni bidang yang lain, pastikan latar belakang dan pengalamanmu mendukung terhadap bidang yang ingin kamu ambil. Karena nanti kalau latar belakang dan tujuanmu ini tidak linier, besar kemungkinannya akan dipertanyakan. Jika memang seperti itu, maka siapkan jawaban terbaikmu untuk meyakinkannya.

Selain itu, sampaikan betapa pentingnya bidang yang akan kamu tekuni di jenjang master ini untuk Indonesia. Sebaiknya diawali dengan permasalahan yang ada di Indonesia tentang bidang ilmu milikmu. Hal ini akan jauh lebih baik ketika kamu memberikan surprising fact atau fakta yang mengejutkan tentang permasalahan yang terjadi. Ingat ! LPDP merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah Indonesia untuk masyarakat Indonesia agar mereka kembali ke Indonesia dan membangun Indonesia dengan ilmu yang kamu dapatkan selama studi. Harapannya dengan ilmu yang didapat selama masa studi itu, kamu dapat ikut berkontribusi dalam memecahkan permasalahan yang ada di Indonesia. Tidak perlu terlalu besar atau "muluk-muluk", namun kontribusi yang realistis untuk dilakukan akan jauh lebih dihargai dari pada mempunyai mimpi yang cemerlang untuk Indonesia tapi tidak realistis untuk dilaksanakan. Motivasi untuk menjadi bagian dari problem solver inilah yang perlu kamu tulis.

2. Sejauh mana kamu mengetahui Jurusan dan Universitas yang menjadi tujuanmu ?

Sebagai seseorang yang sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat, sudah sepatutnya kamu mengetahui tempat tujuanmu dengan jelas. Begitu pula dengan rencana studi ini, pastikan kamu paham betul mengenai jurusan yang menjadi tujuanmu serta detail universitas tempat belajar kamu. Detail yang saya maksud adalah tidak perlu mengetahui sampai detail mengenai luas universitasnya atau tentang jumlah tempat parkir yang ada, bukan detail seperti itu yang saya maksud, namun pastikan kamu mengetahui secara umum mengenai hal-hal yang penting. Bagaimana kualitas universitasnya? Berapa peringkatnya di dunia ? Apa kelebihan bidang studi yang kamu ambil ? Mengapa kamu mengambil jurusan di universitas itu ? Apa kelebihannya dibanding jurusan yang sama di universitas yang lain ?

Pertanyaan pertanyaan tersebut dapat dengan mudah kamu ketahui jawabannya dengan mengunjungi website resminya. Sedangkan untuk peringkat universitas, kamu dapat mengetahuinya dalam QS World University Ranking atau Times Higher Education World University Rangking. Kedua website ini digunakan sebagai acuan rangking universitas, baik rangking secara keseluruhan atau rangking menurut bidang keilmuannya.

Selain itu, pastikan kamu mengetahui dengan detail nama program studi yang akan kamu ambil, siapa institusi penyelenggaranya, jenis program kuliah yang akan kamu ambil apakah by research atau by coursework, dimana lokasinya, berapa lama durasinya, berapa total kredit yang kamu akan ambil, kapan kamu mulai studinya dan gelar apa yang akan kamu dapatkan ketika kamu lulus nanti. Pastikan kamu tahu hal-hal tersebut.

3. Apa mata kuliah yang ingin kamu ambil dan mengapa kamu mengambil mata kuliah itu ?

Untuk poin ini, tuliskan dengan jelas daftar mata kuliah yang akan kamu ambil selama kamu studi di Universitas tujuanmu. Terangkan setiap mata kuliah dengan sedetail mungkin mulai dari periode studinya semester berapa, waktu detailnya kapan, daftar mata kuliah yang akan kamu ambil pada tiap semester, apakah sifatnya wajib atau opsional, dan jumlah kreditnya. Menurut teman-teman dan senior awardee yang lain, pada poin ini akan mudah dipahami dan mudah menyampaiaknnya jika kamu menuliskan mengguakan tabel. Namun ketika kamu bisa menyajikannya dalam paragraf pun tidak masalah. Yang menjadi poin penting adalah kamu bisa menyampaikan kepada pembaca dengan sebaik-baiknya apa yang kamu maksud.

Alasan mengenai mata kuliah yang diambil haruslah sesuai tujuanmu. Artinya ketika kamu nanti akan melakukan penelitian pada thesismu, pastikan mata kuliah yang diambil cocok dan mendukung. Visioner, artinya kamu harus bisa merencanakan disertai dengan alasan yang realistis dan jelas mengenai apa yang akan kamu lakukan, khususnya pada saat memilih mata kuliah ini.

4. Apakah rencana thesis kamu ?

Ini adalah keterangan wajib ketika kamu menulis rencana studi kamu. Ketika kamu ingin melamar beasiswa LPDP untuk program master, output terakhir dari studi kamu adalah tentang penelitianmu, terutama penelitian pada thesis. Tuliskan secara detail mengenai topik apa yang akan kamu ambil pada thesis kamu.

Akan lebih baik ketika kamu sudah menulis semacam rangkuman proposal penelitian thesis. Pada paragraf yang sangat singkat pada rencana studimu, tuliskan apa latar belakang permasalahan thesis kamu, tujuannya apa, metode yang akan kamu gunakan apa, mengapa mengambil metode itu, dan apa harapanmu untuk Indonesia mengenai hasil penelitian thessismu ini.

Meskipun kamu belajar di luar negeri yang jauh dari Indoneisa, tetaplah ingat bahwa kamu akan dibiayai oleh pemerintah Indonesia yang berasal dari uang rakyat yang mengharapkan kamu akan kembali dan membuat perubahan untuk Indonesia. Thesis kamu ini juga diharapkan akan memberikan sumbangsih kepada Indonesia. Hubungkanlah latar belakang thesis kamu dengan apa permasalahan yang ada yang ada kaitannya dengan Indoneisa, walaupun kamu melakukan penelitiannya tidak di Indonesia. Apa yang saya maksud adalah kamu harus bisa menjawab pertanyaan, Apa gunanya thesis kamu untuk Indonesia ? Apa gunanya hasil penelitianmu untuk Indonesia ? Pertanyaan semacam itu harus bisa kamu jawab untuk mejadikan rencana thesis kamu menjadi lebih baik dan seperti apa yang LPDP harapkan.

5. Aktivitas  apa yang akan kamu lakukan di luar perkuliahan selama kamu menempuh studi ?

Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang awardee adalah visioner. Inilah yang paling sering saya dengar, kata-kata yang selalu disampaikan oleh awardee-awardee senior. Visioner di sini artinya kamu harus bisa merencanakan dan menentukan visi serta misi kamu selama hidupmu ke depan. Salah satu hal yang berhubungan dengan itu adalah kamu harus bisa merencanakan apakah aktivitas yang akan kamu lakukan di luar perkuliahan selama kamu studi. Tulislah mengenai kegiatan di luar perkuliahan yang ada hubungannya dan mendukung studi kamu.

Jangan pernah menulis untuk kerja part time atau semacamnya. Karena lpdp melarang kita untuk bekerja sambil kuliah. Pekerjaan yang diperbolehkan oleh LPDP adalah bekerja yang sifatnya masih di dalam kampus dan mendukung belajarmu, semisal menjadi asisten dosen atau asisten penelitian di kampus. Bekerja yang seperti ini diperbolehkan. Namun kalau kamu ingin bekerja sebagai pelayan toko atau menjadi chef di restaurant, maka lupakan rencana itu karena ini tidak diperbolehkan. Akan ada tanda tangan kontrak di atas materai mengenai ini. Mengenai biaya hidup, LPDP memberikan angka lebih untuk membiayai kehidupanmu selama di sana. Harapannya adalah kamu fokus kuliah dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa kasus awardee yang sambil bekerja part time di luar kampus dan akhirnya mendapatkan surat peringatan. Kita sudah berjanji dan tertulis di atas kertas mengenai ini, dan seorang awardee adalah orang yang patuh pada aturan yang disepakatinya.

6. Bagaimana rencanamu setelah kamu lulus dan kembali ke Indonesia ?

Kembali ke Indonesia, ini harus. Kamu tidak diperbolehkan untuk bekerja di luar negeri. Bekerja di luar negeri yang dimaksud adalah bekerja yang tidak untuk indoneisa, misalnya saja ketika kamu kelak menjadi menteri atau bekerja di pemerintahan Indonesia dan kamu ditempatkan di luar negeri kamu tetap diperbolehkan. Intinya kamu harus bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan LPDP, yaitu membangun dan berkontribusi untuk Indonesia. Meskipun kamu bekerja yang tempatnya tidak di Indonesia, selama itu untuk membangun dan berkontribusi untuk Indonesia tetap diperbolehkan.

Tuliskan rencana karir yang realistis untuk dilaksanakan. Saya percaya orang-orang yang akan melamar beasiswa ini adalah orang-orang hebat, sehingga kamu pasti punya rencana yang matang dan cemerlang disertai dengan ide-ide baru untuk Indonesia. Hal itu bagus, selama realistis dan bisa kamu lakukan dan diterapkan di Indonesia. Sebagai contoh, ketika bidangmu adalah bidang lingkungan, kamu berencana untuk memajukan Indonesia timur dengan kemampuanmu untuk menciptakan energi terbarukan, yang memanfaatkan sungai-sungai untuk dijadikan pembangkit listrik.  Kamu berencana untuk membangun itu di seluruh Indonesia timur dengan ilmu yang kamu dapatkan. Hal itu bagus, tapi kurang realistis. LPDP lebih bisa menerima ketika kamu lulus nanti, kamu akan bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang lingkungan dan salah satu idennya adalah mengimplementasikan apa yang ada pada kamu untuk bersama mereka membangun lingkungan. Rencana kedua akan lebih realistis dibandingkan rencana pertama. Kalimat ini saya kutip dari salah satu tulisan pewawancara LPDP dari UGM yang menjelaskan tentang ini.

Kemudian pastikan kamu tahu bagaimana caranya untuk melaksanakan rencana karir kamu. Pastikan kamu tahu bagaimana, kapan, seperti apa langkah-langkah yang kamu lakukan untuk melaksanakannya.

-------------------------------------------------------------------------

Mengenai rencana studi, dibatasi hanya 500 saapai 700 kata saja. Artinya kamu harus bisa menyampaikan poin-poin penting dalam 700 kata tersebut. Semua hal yang saya sampaikan di atas tidak perlu semuanya ditulis, namun ketika kamu mempertimbangkan itu cukup kamu ketahui saja, maka simpan di pikiranmu dan siapkan jawabannya saat nanti ditanyakan pada saat wawancara. Misalnya rencana anggaran dan biaya dan hal lain yang perlu penjelasan lebih.

Bacalah panduan, untuk tahu tentang apa lagi yang perlu diperhatikan tentang rencana studi kamu ini. Apa yang menjadi panutan kembali lagi ke panduan. Apa yang saya tulis hanyalah beberapa tips dan apa yang saya tahu. Jika ada pertanyaan lanjutan, kritik, saran, masukan, atau kekurangan silakan disampaikan di kolom komentar atau melalui email saya. Jika saya mengetahui dan bisa saya jawab maka insyaallah akan saya jawab.

Harapan saya, marilah kita memanfaatkan kesempatan yang ada ini sebaik-baiknya, belum tentu di waktu depan masih ada kesempatan yang sama. Saya sangat berharap akan ada penerus penerus bangsa yang dengan ikhlas dan kerendahan hati untuk mau merubah Indonesia sesuai bidangnya masing-masing. Mari kita dukung perubahan yang lebih baik untuk Indonesia sesuai dengan apa yang kita bisa.


"Karena perubahan itu harus dimulai dari dalam diri kita, berawal dari dipaksa, terpaksa yang akhirnya akan menjadi terbiasa."

Aan Yudianto
Awardee Candidate of Indonesian Endowment Fund for Education (LPDP) Batch 1 2016
yudiantoaan@gmail.com





Share this:

CONVERSATION

33 comments:

  1. Makasih banyak infonya :D membantu sekali :D semoga sukses ya studinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih Hana, senang bisa membantu. Good Luck

      Hapus
  2. terima kasih banyak kak. semoga berkah dan bisa mengikuti jejak kakak.
    sy izin copy artikel ini sebagai panduan saya untuk mendaftar periode terakhir tahun ini atau awal tahun 2014.

    Hormatku,
    Nurul Suciana Adam. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (2012) UIN Alauddin Makassar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Sama sama Nurul. Silakan. Senang bisa membantu. Good luck.

      Hapus
  3. Sangat membantu sekali.. Saya adalah seorang abdi negara yang Insya Allah berniat melanjutkan pendidikan melalui LPDP ini.. Semoga bisa menjadi bagian keluarga besar ini.. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Orang yg akan mengabdi kepada Indonesia menjadi salah satu tujuan dari orang-orang yang dicari LPDP. Aamiin. Semoga beruntung.

      Hapus
  4. Terima kasih ya aan.... Insya allah aku mau submit application untuk Batch II ini..... Bismillah.....

    BalasHapus
  5. asmlkum kk,, secra tak sengaja saya mmpir ke blog kk krn skrg sy dalm proses merevisi rencana studi dan insya Allah akan apply beasiswa LPDP batch 3 ini. Beberapa kali sy minta dikoreksi sm senior2 sya kk, dan rata2 mereka mmpunyai view yang berbeda mngenai pntingnya mmbuat latar belkng masalah dalam mmbuat rencana study?karena sy telah berusha mmbuat LB masalh tapi justru essay sy lebih dr 700 words kk. Takutnya sy kebnyakan cerita di awal tpi yang bgian penting terlupakan krn limited words. Bisa ga kk sy mnta tlong tuk mngkoreksi essay sy sma kk??ni email sy kk, rhahimazakia18.rz@gmail.com.mkasi sebelmnya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb Fulan,
      Sorry for my very late responding. Boleh. Silakan dikirim email ke yudiantoaan[at]gmai[dot]com

      Have a best luck for your application~

      Hapus
  6. Terima kasih tuk informasi.y,,sy sdh membaca beberapa postingan ttg tips2 tuk lpdp,,scr pribadi infonya sangat membantu,,,smg msh berkenan jika skiranya slm prosesnya nanti ad something yg igin sy diskusikan!!tq....

    BalasHapus
  7. mas, rncana studi yang dkrim ke proffesornya it formatnya gimana?
    biasanya kan ada kredit smsternya, dimana kita mngetahui jumlah kredit yang kita ambil slama kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Naufal,

      Rencana studi ke professor ? Apa yang kamu maksud proposal penelitian untuk aplikasi S3 saat korespondensi ? Kalau iya, setahu saya tidak ada format khusus. Kalaupun ada pasti dijelaskan di website universitas. Yg jelas perlu ditulus judul, latar belakang dan urgensinya,tujuan, manfaat, metode penelitian yg akan digunakan.

      Kredit semesternya ada di website resmi universitas, biasanya dibagian admission atau academic. Coba lebih teliti untuk browse di website univ tujuanmu ya, pasti ada. Kalau memang tidak ada silakan menghubungi bagian admission di univ tujuanmu ya.

      Semoga terjawab.

      Hapus
  8. Trimakasih kak utk info yg sgt penting skali, mau sya tanya kak..
    Utk tes toefl itp bisa yg di trima dri lpdp dari lembaga apa sja?
    Kalau dri univ.Cambrige bisa?
    Trimakasih..

    BalasHapus
  9. Trimakasih kak utk info yg sgt penting skali, mau sya tanya kak..
    Utk tes toefl itp bisa yg di trima dri lpdp dari lembaga apa sja?
    Kalau dri univ.Cambrige bisa?
    Trimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Dini,

      Sertifikat bahasa TOEFL ITP dari ETS. "Memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org)"
      Dalam panduan LPDP terbaru halaman 5, hanya sertifikat TOEFL resmi dari ETS yang bisa digunakan untuk mendaftar. Lembaga lain tidak bisa. Coba buka buku panduan terbaru halaman 5 ya.

      Semoga terjawab, Good luck !

      Hapus
  10. Kak, klo dri lembga IIEF bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello,

      Maaf baru merespon. Silakan tanya ke lembaganya ya, apakah mereka bekerjasama dengan ETS atau tidak. Kalau iya berarti bisa.

      Good luck

      Hapus
  11. Mas, terima kasih untuk artikel nya yang sangat bermanfaat bagi saya yang juga sedang ikut pendaftaran LPDP.

    Saya ingin bertanya apakah dalam rencana studi kita perlu mencamtukan rencana biaya? Karena saya baca di beberapa blog mereka menyertakan hal tsb.
    Selain itu dari pengalaman mas ann, kalau memang dalam rencana studi jumlah kata melebihi 700 bagaimana ya?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Stanley,

      Setahu saya sampai aturan 2017 tidak ada persyaratan di panduan untuk mencantumkan hal tersebut. Tapi ini sering kali ditanyakan di sesi wawancara meski bukan persyaratan utama.
      Saran saya di rencana studi tidak perlu kamu tuliskan, namun kamu buat di lembar terpisah mengenai rencana biaya ini. Buat sedetail detailnya di kertas terpisah. Bawalah saat wawancara in case jika ditanyakan.

      Rencana studi tidak boleh lebih dari 700 kata. Respect to system yaa.

      Good luck aplikasinya

      Hapus
    2. Hallo Stanley,

      Setahu saya sampai aturan 2017 tidak ada persyaratan di panduan untuk mencantumkan hal tersebut. Tapi ini sering kali ditanyakan di sesi wawancara meski bukan persyaratan utama.
      Saran saya di rencana studi tidak perlu kamu tuliskan, namun kamu buat di lembar terpisah mengenai rencana biaya ini. Buat sedetail detailnya di kertas terpisah. Bawalah saat wawancara in case jika ditanyakan.

      Rencana studi tidak boleh lebih dari 700 kata. Respect to system yaa.

      Good luck aplikasinya

      Hapus
    3. Terima kasih mas Aan untuk balasannya. Sukses selalu untuk anda

      Hapus
  12. Halo Mas Aan, saya ada pertanyaan lain nih terkait essay rencana study LPDP, di tahun 2017 ada di bagian format essay rencana studi LPDP itu "melampirkan daftar sylabus perkuliahan", kalau mungkin mas Aan tahu maksudnya sylabus perkuliahan yang seperti apa ya? Apakah sama dengan daftar mata kuliah yang akan diambil?

    Lalu kalau melampirkan sylabus apakah tidak akan lebih dari 700 kata di essay?


    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar. Mata kuliah yg diambil di univ tujuan.

      700 kata cukup. Tuliskan detail yg penting saja, misalnya mata kuliah, jumlah Credit Point, semester berapa. Hal lain seperti kode mata kuliah dan pengajar saya pikir tidak perlu dicantumkan. Silakan disusun seringkas dan sejelas mungkin ya.

      Good luck.

      Hapus
  13. Morning Mas Yudianto
    Tulisannya inspiring sekali, wish me the best of luck for the 2017 selection.
    Anyway saya boleh bertanya? saya alumni Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, sekarang Alhamdulillah Unconditional LoA dari The University of Western Australia sudah di tangan untuk melanjutkan studi ke Univ mereka. Saya sangat optimis dengan persiapan yang saya lakukan mengingat keinginan saya untuk melanjutkan S2 dengan beasiswa LPDP sejalan dengan tema yang diprioritaskan LPDP yaitu Kelautan dan Kemaritiman.

    Pertanyaan saya, dengan optimisme yang sudah terbangun, dan persiapan yang sudah cukup baik, lalu bagaimana caranya menghadapi seleksi substantif (interview dan LGD) dengan tetap tenang dan tidak jumawa tapi tetap tampil baik dan meyakinkan interviewer? mungkin mas Yudianto punya pengalaman yang pernah dirasakan sendiri atau dishare oleh senior awardee.. Thank you so much for the help, a response would be highly appreciated. Wish you a very good luck for everything you're doing and planning to do

    Best regards, Abiyoso P. ~ fellow scholarship hunter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Abiyoso,

      Selamat untuk Unconditional LoA yang sudah di tangan.

      Jika kamu bertanya tentang tips, yang bisa saya katakan hanya be yourself dan tetap low profile, jangan terlalu over confident. Tentu, ketenangan akan kamu dapatkan jika kamu paling tidak sudah tau apa yang akan kamu hadapi nanti dengan banyak mencari informasi dan berlatih bersama rekan-rekan yang sama-sama berjuang untuk seleksi ini, saling memberi dan mendapatkan informasi.

      Blog walking dan sharing dengan teman-teman awardee menjadi salah satu saran rekomendasi dari saya. Kamu akan mendapatkan hal lebih dengan melakukan itu.

      Semoga terjawab. Wishing you tons of luck for your application.

      Hapus
  14. Hi Mas, salam kenal.
    Saya mau nanya, jika program master yang dipilih itu pada akhirnya tidak membuat thesis, lalu bagaimana cara menjawab poin no 4 dari tips yang mas berikan ya?
    Apakah ada atau tidak adanya pengerjaan thesis dapat mempengaruhi sistem penilaian dalam seleksi beasiswa LPDP?

    Regards,
    Nisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Nisa,

      Biasanya program yang tidak menawarkan thesis di akhir studi tetap akan menghasilkan semacam "final project" sebagai syarat kelulusan. Jika ini ada sebisa mungkin terangkan apa pentingnya ini nanti untuk Indonesia.

      Ataupun jika memang benar-benar tidak ada thesis ataupun final project, yakinkan bahwa ilmu yang akan kamu dapatkan dari sana akan sangat bermanfaat dan bisa diterapkan di Indonesia.

      Goodluck ya...

      Hapus
  15. Kak mau nanya, untuk master by coursework apakah butuh mencantumkan rencana thesis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Talib. Ini tergantung universitas tujuan kamu. Meskipun master by coursework , ada universitas yang mengharuskan Thesis di akhir studinya ada juga yang enggak. Jadi silakan dicek di universitas tujuan kamu ya, jika iya silakan dibuat rencana thesis nya, jika tidak, siapkan alasan mengapa kamu tidak membuat rencana thesis. Good luck ya.

      Hapus
  16. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus