Tahap seleksi administasi merupakan tahapan pertama yang
harus dilalui bagi pelamar beasiswa LPDP. Seleksi pertama ini menjadi
awal proses seleksi beasiswa LPDP setelah perjuangan untuk mengumpulkan dan
mempersiapkan diri agar pelamar beasiswa memenuhi syarat yang ditentukan oleh
LPDP. Keterangan umum mengenai LPDP dapat dilihat di website resmi di sini.
Sedangkan untuk buku panduan beasiswa LPDP baik jalur reguler maupun jalur afirmasi bisa di unduh di sini.
Salam perjuangan bagi teman-teman yang sedang berjuang untuk meraih mimpi
masing-masing, untuk bisa studi lanjut dengan beasiswa LPDP. Artikel ini saya
persembahkan untuk kita semua yang sedang berjuang meraih mimpi. Sudah menjadi
kewajiban bagi kita untuk membagi apa yang kita punya, dan membantu sesama
dengan cara apapun yang bisa kita lakukan. Saya pernah berbicara pada diri saya sendiri untuk menulis artikel tentang beasiswa ini ketika saya lolos. Semoga ini menjadi manfaat yang berkelanjutan.
Artikel ini mengulas beberapa kesalahan yang sering
dilakukan oleh pelamar beasiswa jenjang master yang kemungkinan menjadi penyebab belum lolos seleksi
administrasi beasiswa LPDP. Beberapa hal yang saya tulis berikut ini adalah
rangkuman dari berbagai sumber, baik dari artikel lain, hasil berbincang kepada
penerima beasiswa LPDP (yang selanjutnya disebut Awardee) dan pengalaman
pribadi yang alkhamdulillah sebagai salah satu awardee dan anggota keluarga besar beasiswa LPDP. Berikut ini merupakan hal-hal berikut yang biasanya menjadi kesalahan yang sering dilakukan dan
kemungkinan hal yang menyebabkan belum lolos proses seleksi administrasi.
1. Kemampuan Bahasa Tidak Sesuai Persyaratan
Berapa skor IELTS/ TOEFL kamu ? Jalur LPDP
yang mana yang kamu mau apply ? Berapa skor kemampuan bahasa yang disyaratkan
LPDP melalui jalur yang kamu pilih ? Pertanyaan tersebut perlu kamu jawab
dan koreksi diri kamu apakah kamu sudah memenuhi persyaratan atau belum. Persyaratan
nilai sertifikat bahasa untuk mendaftar LPDP berbeda, tergantung jalur apa yang
kamu pilih dan universitas mana yang menjadi tujuan kamu. Pastikan kamu memahami ini.
Sesuai panduan terbaru yang rilis periode 2017, untuk beasiswa lpdp jalur regular kemampuan
yang disyaratkan untuk tujuan universitas dalam negeri adalah sebagai berikut:
Sedangkan untuk jalur afirmasi, dikarenakan terdapat beberapa jaur afirmasi, silakan dicermati dalam buku panduan ya, bisa di download DI SINI.
Sedangkan untuk jalur afirmasi, dikarenakan terdapat beberapa jaur afirmasi, silakan dicermati dalam buku panduan ya, bisa di download DI SINI.
Kesalahan yang terjadi adalah pelamar beasiswa
memiliki kemampuan bahasa yang berada di bawah persyaratan. Jika kamu ingin apply
beasiswa master luar negeri dengan jalur reguler dan skor IELTS kamu masih 5.0 ya jangan mendaftar
dulu, dipastikan tidak akan lolos seleksi administrasi. Begitu pula dengan yang
lainnya, pastikan sesuai persyaratan. Jika belum sesuai dengan apa yang disyaratkan maka lebih baik tingkatkan
kemampuan bahasa kamu dan apply pada periode selanjutnya.
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Berapa IPK kamu ? Berapa IPK yang menjadi
syarat sesuai dengan jalur beasiswa LPDP yang kamu akan apply ? Hal ini sama dengan kemampuan bahasa. Setiap
jalur LPDP memiliki persyaratan IPK yang berbeda. Misalnya untuk jalur
regular, IPK yang menjadi persyaratan LPDP minimal adalah 3.0 dalam skala 4. Sedangkan
untuk pelamar pada jalur afirmasi, persyaratan ini berbeda lagi. Untuk beasiswa
afirmasi kelompok masyarakat dari daerah perbatasan/ daerah tetinggal IPK yang
disyaratkan minimum adalah 2.75 dalam skala 4, Afirmasi alumni bidik misi atau
kelompok masyarakat miskin berprestasi, syarat IPK nya adalah 3.50. Beasiswa afirmasi prestasi nasional atau internasional IPK 2.75. Detail lainnya bisa
dilihat dalam buku panduan beasiswa afirmasi dari link yang sudah saya sebutkan
sebelumnya.
Artinya, jika kamu ingin mendaftar jalur regular dan
IPK kamu masih 2,78 maka dipastikan kamu tidak akan lolos seleksi administrasi,
dan begitu pula yang lainnya. Pastikan syarat IPK ini sesuai dengan apa jalur
yang akan kamu pilih untuk mendaftar beasiswa LPDP. Kalaupun LPDP meloloskan pelamar yang ternyata syarat ini di bawah persyaratan, pastinya LPDP melihat ada potensi lain yang ada pada diri pelamar. Kasus seperti ini menjadi kebijakan tersendiri pihak LPDP.
3. Surat Pernyataan Tidak Sesuai
Format surat pernyataan terlampir pada buku panduan
beasiswa LPDP. Ikutilah formatnya dan jangan ada penambahan atau pengurangan. Jangan
lupa untuk tanda tangan di atas materai 6000. Surat pernyataan ini nantinya akan
dikumpul kepada panitia ketika lolos seleksi administrasi dan menuju seleksi
tahap subtantif. Surat pernyataan ini dikumpul pada saat verifikasi berkas yang
merupakan salah satu tahapan pada seleksi substansi. Sekali lagi jangan lupa
untuk tanda tangan di atas materai dan surat yang di unggah harus sama dengan
surat pernyataan yang nantinya dikumpul pada saat seleksi selanjutnya.
4. Surat Keterangan Berbadan Sehat
Salah satu persyaratan lainnya adalah pelamar
beasiswa harus memiliki surat berbadan sehat, surat bebas narkoba dan surat
bebas TBC. Untuk tujuan universitas dalam negeri syarat yang dibutuhkan
hanyalah surat keterangan berbadan sehat dan surat keterangan bebas narkoba.
Sedangkan untuk tujuan luar negeri, selain surat keterangan berbadan sehat dan
surat bebas narkoba, ditambah lagi surat keterangan bebas TBC. Sehingga jika
ingin mendaftar universitas dalam negeri hanya membutuhkan 2 buah surat
keterangan dan kalau ingin melamar beasiswa luar negeri totalnya ada 3 surat
(ditambah surat keterangan bebas TBC). Ingat ! surat yang dimaksud harus
didapatkan dari rumah sakit pemerintah. Selain rumah sakit pemerintah maka tidak
diperbolehkan.
5. Pastikan Tujuan Universitas
Jurusan dan universitas tujuanmu harus kamu tentukan
dengan sangat matang. Mau kemanakah kamu ? Dalam negeri ? Luar negeri ? Jurusanmu apa ? Pastikan pertanyaan tersebut terjawab dengan tegas dan yakin.
Aturan LPDP mulai tahun 2016 diperketat. Pada
saat mengisi form online pendaftaran, jika kamu memilih universitas dalam negeri,
dan apabila nantinya kamu lolos sampai tahap akhir, kamu tidak diperkenankan untuk
pindah universitas ke luar negeri. Jadi pastikan dengan mantap universitas
tujuan kamu. Kemungkinan perpindahan universitas yang masih diperbolehkan
adalah perpindahan universitas di luar negeri ke universitas luar negeri
lainnya atau perpindahan universitas dalam negeri ke universitas dalam negeri
lainnya, itupun dengan syarat-syarat yang ketat dan rumit. Untuk kasus
perpindahan universitas dari luar negeri ke dalam negeri saya belum pernah
mendengar beritanya. Jadi pastikan dengan mantap universitas tujuanmu.
6. LoA Bukan Menjadi Keharusan
Letter of Acceptance atau Letter of Offer atau surat
penerimaan universitas atau sebutan lainnya bukan merupakan syarat wajib. Jika
kamu ingin mendaftar beasiswa LPDP namun kamu belum memiliki LoA maka tetap
diperolehkan. Namun yang harus menjadi pertimbanganmu adalah pastikan kalau
kamu akan mendapatkan LoA di universitas tujuanmu, pastikan kamu telah masuk
persyaratan untuk mendaftar dan bisa diterima di universitas tujuanmu. Kumpulkan
informasi sebanyak banyaknya tentang persyaratan universitas dan pastikan kamu
masuk dalam persyaratan itu.
Beberapa yang menjadi kesalahan adalah banyak pelamar
yang mempunyai pemikiran kalau harus mempunyai LoA dahulu sebelum mendaftar LPDP. Ini tidak sepenuhnya
benar. LoA merupakan keharusan sebagai bukti ketika kita diterima di
universitas tujuan kita. Namun bukan keharusan saat mendaftar beasiswa LPDP. Jika
disederhanakan, ada dua pilihan proses pendaftaran beasiswa LPDP. Pertama, kita belum ememiliki LoA dan mendaftar beasiswa dulu atau yang kedua kita mencari LoA dulu
baru mendaftar beasiswanya. Keduanya bisa kita lakukan dan tidak ada yang salah
dengan keduanya. Sekali lagi, LoA baik yang masih Conditional atau
Unconditional bukanlah syarat wajib pendaftaran beasiswa LPDP. Bagi yang belum
memiliki LoA dan telah lolos seleksi wawancara, pihak LPDP memberikan waktu
satu tahun untuk mendapatkan LoA Unconditional terhitung dari pengumuman lolos
seleksi wawancara dan tanggal SK kelulusan untuk jalur reguler. Sedangkan untuk jalur Afirmasi,
waktu satu tahun tersebut dihitung sejak selesainya pengayaan bahasa jika pelamar yang lolos diharuskan mengikuti pengayaan bahasa.
7. Pastikan Intake Perkuliahan Minimal 6 Bulan Setelah Penutupan Pendaftaran
Sudah menjadi persyaratan, untuk jalur reguler, bahwa
perkuliahan kamu harus dimulai paling cepat 6 bulan setelah waktu penutupan
pendaftaran periode seleksi terkait. Sedangkan untuk jalur afirmasi yang harus
menjalai pengayaan bahasa, perkuliahan dimulai pada waktu selanjutnya setelah
pengayaan bahasa selesai dan mendapatkan LoA Unconditional. Pada jalur afirmasi, LPDP memberikan waktu satu tahun untuk mendapatkan
LoA Unconditional terhitung setelah selesai melakukan pengayaan bahasa seperti
yang telah dijelaskan sebelumnya.
Setelah nantinya kamu diputuskan lolos wawancara, ada
berbagai kegiatan yang harus dilakukan sebelum memulai kuliah, salah satunya
adalah Program Keberangkatan (PK). Pastikan rentang waktu lulus wawancara
sampai intake perkuliahan mencukupi untuk melakukan kegiatan yang
diselenggarakan LPDP tersebut.
8. Kelengkapan Berkas Lain yang Tidak Lengkap dan Tidak Sesuai Format
Berkas harus lengkap sesuai dengan yang menjadi
persyaratan. Kelengkapan berkas untuk mendaftar dijelaskan secara rinci pada
buku panduan beasiswa, yang bisa di unduh dalam link yang saya sebutkan
sebelumnya. Pastikan semua berkas yang menjadi persyaratan lengkap dan memenuhi
syarat. Begitu pula beberapa berkas yang harus sesuai format LPDP, misalnya
surat rekomendasi, essay, rencana studi, surat pernyataan dan sebagainya.
9. Cek Lagi Pengisian Formulir Online dan Selesaikan Jauh-jauh Hari Sebelum Batas Akhir Pendaftaran
Akhirnya setelah semua hal tersebut disiapkan
saatnya isikan mengenai diri kamu di laman pendaftaran online LPDP. Buat akun
online di sini dan isikan biodatamu. Saran yang saya sampaikan adalah mulailah
mengisi form online jauh-jauh hari. Form online ini dapat disimpan setiap saat
sehingga kamu tidak perlu mengisi form online ini sekali waktu. Pengalaman saya
7 hari sebelum batas submit formulir, laman pendaftaran LPDP sudah tidak bisa
diakses karena mungkin terlalu banyak yang mengakses website ini. Selesaikan
isian form online pendaftaran kamu paling tidak 2 minggu sebelum batas akhir
pendaftaran dan cek, cek ,cek, cek ,cek dan lagi-lagi cek sebelum klik submit.
Karena sekali kamu klik sumbit formulir, kamu sudah tidak bisa lagi mengedit
formulir kamu.
Kesalahan sistem sangat mungkin terjadi. Ketika kita merasa
telah mengisi form atau menulis biodata dengan benar bisa saja terjadi
kesalahan yang disebabkan oleh sistem atau koneksi yang kurang bersahabat. Intinya
cek lagi sebelum upload dokumen dan cek lagi sebelum menuju langkah selanjutnya.
Kesimpulannya ketika semua berkas lengkap dan konten berkas sesuai panduan
serta memenuhi persyaratan maka sangat besar kemungkinannya kamu akan lolos
seleksi administrasi.
---------------------------------------------------------------------------------------------
Apa yang saya tulis adalah apa yang saya tahu. Jika ada
kesalahan, koreksi, masukan, atau saran tambahan mari kita koreksi bersama dan
jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui komentar di bawah atau melalui
email saya. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin dan
berusaha dengan sungguh-sungguh sesuai apa yang kita bisa. Jangan lupa meminta
doa kedua orang tua dan orang-orang di sekeliling kita. Usaha maksimal yang
diakhiri dengan doa yang khusyuk dan bersungguh-sungguh adalah hal yang bisa
kita lakukan. Semoga apapun yang kita lakukan menjadi barokah dan ilmu yang
bermanfaat.
"Let’s do the best and let God do the rest
Aan Yudianto
Awardee Candidate of Indonesia Endowment Fund for Education (LPDP) Batch 1 2016
Hallo mas. Makasih sharingnya, sangat berguna. Kebetulan saya mau mendaftar LPDP.
BalasHapusAda satu hal yang ingin saya tanyakan terkait dengan syarat kemampuan bahasa. Saya baru saja tes TOEFL dengan target skor > 550 (karena tujuan ke luar negeri). Tapi ternyata skor saya masih sedikit dibawah target. Saya kecewa, tapi kemudian saya baca di persyaratan LPDP, ada pernyataan begini:
c. Butir a) dan b) dikecualikan bagi mereka yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Duplikat ijasah digunakan sebagai pengganti persyaratan TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijasah diterbitkan.
Kebetulan saya lulus dari program studi internasional di Indonesia, dengan ijazah dan gelar berbahasa Inggris.
Pertanyaannya, apakah benar saya tetap berpeluang dengan memanfaatkan poin itu?
Mohon tanggapannya. Trims
Hallo Bangkoor,
HapusIya sesuai panduan memang dijelaskan demikian. Jadi sertifikat TOEFL atau sejenisnya dapat digantikan ketika pelamar yang menyelesaikan pendidikan tinggi menggunakan pengantar akademik Bahasa Inggris. Jika memang Prodi Internasional yang Mas Bangkoor selesaikan menggunakan bahasa pengantar akademik Bahasa Inggris memang kemungkinan bisa. Ijazah dan bukti Bahasa Pengantar Akademik Banasa Inggris harap disertakan.
Jawaban saya berdasarkan apa yang saya ketahui. Saya tidak bisa menjamin apakah memang benar-benar bisa atau ada persyaratan tambahan. Agar yakin dan jelas, silakan menanyakan langsung pada pihak LPDP di Call Center 1500652 atau kirim email ke cso.lpdp@kemenkeu.go.id .
Semoga pertanyaannya terjawab.
Terimakasih.
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 082352406469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
Hapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali, alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi berlanjut ke seleksi substansi, ada kah kiat atau strategi untuk menghadapi seleksi sunstansi? Kira kira kesalahan apa saja yang sering terjadi ketika seleksi substansi? Terimakasih infonya ��
BalasHapusHello Sani,
HapusSelamat telah lolos seleksi administrasi. Maaf ya, Next time saya akan publish untuk topik seleksi subtansi ya, ada beberapa sumber atau blog awardee lain tentang ini. Good luck untuk aplikasinya.
Hi Mas..
BalasHapusSaya mau tanya..
Surat pernyataannya yang diisi itu Perguruan tinggi saat S1 atau tujuan S2?
Mohon bantuannya.
Thanks
Hello Gemapol,
HapusSorry for my very late responding. Surat pernyataan yang diisi sudah tersedia formatnya dalam buku panduan beasiswa. Pernyataan untuk studi tujuan kamu, bisa Master bisa Doctoral.
Good luck ya.
Hai mas,,
BalasHapusMau tanya...saya sudah dapat LOA unconditional. tapi saya ga punya sertifikat tes bahasa, karena barusan saya cari-cari tempat tes udah pada tutup dan penuh semua. Apakah nanti pas daftar online masih dipertanyakan nilai TOEFL? akankah saya tidak dapat lolos seleksi administratif jika saya tidak mengisi kolom tersebut. Saya belum berani daftar karena syarat belum terkumpul semua. jadi saya belum lihat kolom2 pengisian formulir.
Terimakasih
Hello Rena,
HapusSertifikat bahasa bisa digantikan dengan adanya Surat Penerimaan Perguruan Tinggi Tanpa Syarat atau LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuanmu. Sesuai dengan yang dijelaskan di panduan, kalau sudah memiliki LoA Unconditional syarat IELTS atau TOEFL tidak digunakan lagi. Untuk lebih jelasnya silakan hubungi CSO LPDP dengan kontak yang tersedia di panduan ya.
Iya, silakan melengkapi persyaratan yang belum lengkap.
Good luck ya aplikasinya
Mbak rena, mohon update mbak rena jadi masukkan nilai toefl atau tanpa toefl?? Apa mbak lulus seleks administrasi??
Hapusselamat sore.
Hapussaya masukan beasiswa afirmasi daerag tertinggal.
sy bingung nilai toefl yang di akui lpdp itu yang mana ya ? masalahnya di tempat sy tidak ada tempat tes toefl. terimakasih
Surat pernyataan saya, tidak tepat berada di atas tanda tangan materai? Bagaimana ya?
BalasHapusHello Gabriel.
HapusMaksudnya bagaimana ya ? Kalau surat pernyataan yang salah, bisa membuat lagi sebelum di submit.
Semoga terjawab. Good luck.
Maaf mas, saya sudah ada bukti sudah lolos tahap prodi untuk s2 (berupa transkrip nilai dan bukti lolos seleksi prodi), namun jika ingin masuk s2 hanya tinggal mengikuti UM dan melengkapi berkas saja. Tapi saya belum mengikuti um. Jadi apa bukti lolos prodi tersebut bisa dijadikan LoA conditional?
BalasHapusHallo Dinar,
HapusYang dijadikan syarat pendaftaran berupa surat penerimaan tanpa syarat atau LoA Unconditional. Jika masih dengan syarat seperti yg kamu tulis di komentar belum bisa dijadikan salah satu syarat pendaftaran.
Sepengetahuan saya itu tetap belum Unconditional, artinya velum secara resmi diterima.
Semoga terjawab. Semoga beruntung.
maksud saya Conditional mas, bukan unconditional.
Hapusapa itu tidak termasuk dalam LoA conditional ?
Maaf mas, maksud saya traskrip dan pernyataan lulusnya bisa jadi LoA Conditional mas, bukan unconditional.
BalasHapusapa itu tidak termasuk dalam LoA conditional ?
Iya.. Itu termasuk Conditional
HapusInformasi yg sangat membantu mas Aan Yudianto. terimakasih banyak.
BalasHapusSaya berencana apply beasiswa LPDP afirmasi tahun ini dengan kampus tujuan luar negri, point yg ingin saya tanyakan adalah tentang "pengayaan bahasa". apakah awardee dengan skor TOEFL diatas 550 termasuk diikutkan dalam program pengayaan bahasa???
terimakasih banyak Mas Aan...
Hello,
HapusPengayaan bahasa diperuntukkan bagi teman teman yang nilai toefl masih di bawah 550 atau ielts belum mencapai 6.5.
Jadi jika nilai toefl sudah di atas 550 tidak mendapatkan pengayaan bahasa.
Ini aturan yang diberlakukan sejak batch 1 2016 kemarin. Jika kedepan ada perubahan, berarti menyesuaikan.
Good luck.
Termasuk conditional mas?
BalasHapuswalau itu pernyataan dari prodi bukan univ, tapi bisa dikatakan LoA conditional?
kalau iya, berarti saya bisa memilih loa conditional saat mendaftar di web?
Kalau case nya seperti ini coba ditanyakan ke CSO LPDP saja. Nomor telefon atau email ada di buku panduan.
HapusSemoga terbantu.
halo, saya lulus seleksi administrasi dan akan wawancara lpdp afirmasi. Saya memiliki nilai toefl itp pas-pasaan hanya 427, jadi saya tidak di berikan sertifikat tapi hanya kertas nilai. pengaruh gak ya sewaktu pengecekan berkas?
BalasHapusHello Melati,
HapusKamu daftar afirmasi ? Tidak masalah. Ada teman saya dulu hanya dapat Score Report (kertas kecil sebesar kuitansi) tanpa sertifikat nya dan itu tidak masalah. Pastikan di bawa ya.
Halo mas mau tanya untuk afirmasi bisa gak ya pake TOEFL PBT? terimaksih
BalasHapusHalo Arki,
HapusSesuai panduan, disebutkan "Untuk studi program magister di dalam negeri maupun luar
negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 400"
Akan lebih pasti jika kamu sebaiknya mengikuti apa yang dijelaskan di panduan. Namun, jika memang memiliki TOEFL PBT lebih baik ditanyakan langsung ke CSO LPDP, kontak ada di panduan. Mohon maaf, untuk kepastian jawaban dari pertanyaan Arki saya kurang tahu, untuk pertanyaan ini langsung hubungi CSO yaa,
semoga terjawab
Klw tdk bkr. Srt izin atasannya dr mn?
BalasHapusSedangkn klw dikosongin dokumen yg itunya. Tdk bs submit
Halo Husni,
Hapus"Klw tdk bkr" maksudnya bagaimana ya ? Apakah maksudnya "Kalau tidak bekerja" ?
Setahu saya surat izin atasan ini opsional, jika memang belum bekerja maka tidak perlu dilampirkan. Saya dulu saat daftar tidak memakai surat ini dan tetap bisa submit. Pastikan statusmu sebelumnya diisi "belum bekerja".
Jika masih bermasalah, silakan hubungi CSO LPDP ya, kontak ada di panduan.
Good luck
Maaf mas lembaga bahasa untuk toefl itp nya itu lembaga apa saja yg direkomendasikan?
BalasHapusTOEFL ITP yang disyaratkan adalah tes resmi Internasional dari ETS (lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikat TOEFL). Menurut saya semua lembaga sama, karena soal dan prosedur sudah di standarkan satu dengan yang lainnya. Silakan pilih yang menurut kamu paling nyaman dan dari kebanyakan teman temanmu mengambil tempat tes terbanyak, di sekitar tempat tinggal kamu.
HapusSemoga beruntung.
mas, saya mau nanya
BalasHapuskemaren saya daftar LPDPnya untuk tahap III, kebetulan hari itu adalah hari terakhir untuk submit data pada tahap III...waktu itu saya memilih jadwal perkuliahan awal januari 2017...............ternyata saya mengalami kesulitan ketika submit data, dan saya malahan terdaftar menjadi calon peserta pada tahan IV LPDP...apakah nantinya pemilihan jadwal perkuliahan tersebut menjadi masalah untuk saya ketika wawancara itu mas? mohon wejangannya mas..
Halo Nike,
HapusSelisih waktu perkuliahan dengan batas akhir penutupan seleksi administrasi diharuskan minimal selama 6 bulan. JIka itu memang kesalahan teknis, dan kamu sudah lolos administrasi, maka yang perlu kamu jelaskan ke pewawancara adalah kamu ceritakan itu sejujurnya. Menurut saya, kamu lebih baik mengatakan kalau kamu akan defer ke periode intake perkuliahan selanjutnya.
Good luck ya, semoga tidak menjadi masalah.
Selamat Pagi Mas Aan,
BalasHapusUntuk mendaftar LPDP luar negeri, universitas yang tidak terdaftar di list universitas tujuan LPDP bisakah diusulkan?
Terimakasih
Hello Dino,
BalasHapusUntuk proses pendaftaran awal, sepanjang yang saya pahami tidak bisa. Karena kamu harus memilih univ yang sesuai dengan database yang ada di list LPDP, pilihan sudah disediakan. Namun jika kamu ingin mendaftar di Univ di luar list, kamu bisa mengajukannya nanti setelah kamu dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa dengan berbagai prosedur yang akan kamu ketahui setelah kamu lulus wawancara.
Jadi, saran saya untuk pendaftaran pertama, kamu memilih sesuai dengan list yang disediakan, kamu bisa mengusulkan setelah lolos tahap wawancara.
Semgoga terjawab ya, wishing you tons of luck!
Pagi Mas,
BalasHapusSaya mau nanya.. disitu kan ada keterangan surat SKCK, tanda sehat dan lain2.. itu sebaiknya dipersiapkan sebelum mendaftar LPDP atau setelah lulus tes administrasi LPDP ya?
Lalu apakah benar mulai tahun ini Essay akan menggunakan bahasa inggris?
Terima kasih
Hallo Fungus,
HapusSKCK, surat sehat dll HARUS disiapkan sevelum mendaftar lpdp karena ini persyaratan wajib yg harus kamu punya sebelum mendaftar. Jika dokumen itu tidak ada, bisa dipastikan kamu tidak akan lolos seleksi administrasi karena berkasmu tidak lengkap.
Ada 3 jenis essay: Essay sukses terbesar, essay kontribusi bagi indo, dan On The Spot Essay Writing. Mulai tahun 2016 batch 1, untuk tujuan univ luar negeri jenis essay yg ketiga (on the spot essay writing) harus menggunakan bahasa inggris, sedangkan untuk tujuan univ dalam negeri masih menggunakan bahasa Indonesia. Untuk tahun 2017,sejak komentar ini ditulis, belum ada panduan terbaru tentang itu. Kabarnya lpdp sedang menyusun panduan terbaru mulai periode 1 th 2017 ini. Ditunggu dengan sabar ya. Persiapkan saja kemungkinan terburuk.
Semoga terjawab.
Tambahan, khusus untuk SKCK bisa kamu siapkan setelah seleksi administrasi, karena SKCK ini bukan dokumen yg wajib di upload (sejak komentar ini ditulis). Namun lebih baik kamu persiapkan sekalian
HapusHai kak, salam kenal. Big thanks for shared. Senang karena kakak menyatakan diri as "who loved to share". Semoga jadi amal jariyah. aamiin. Mau tanya kak, seberapa penting prestasi publikasi bagi pendaftar beasiswa LPDP? apakah yg belum punya prestasi publikasi lebih baik mengurungkan niat dulu untuk mendaftar? apakah setiap awardee (mungkin rata2 teman kakak) punya prestasi publikasi? hehe kegalauan bagi saya yang sering gagal dalam seleksi LKTI. Waiting for answers. Thanks kak.
BalasHapusHello Enie,
BalasHapusAamiin.
Sampai sekarang saya pun tidak tahu bagaimana teknis penilaian LPDP terhadap poin prestasi tersebut.
Publikasi penting sekali, jika itulah yg membuat kamu prominent diantara applicant yg lain. Tapi, banyak juga yg belum mempunyai publikasi namun diterima.
Saya pikir 8 dari 10 orang teman teman awardee memang memiliki publikasi, mulai dari karya tulus ilmiah hingga journal dan proceeding.
Saya juga dulu sering gagal di seleksi karya tulis. Yg jelas yg harus kamu lakukan adalah evaluasi, perbaiki dan coba lagi. Jika kamu masih gagal, berarti Allah ingin lihat seberapa besar kesungguhan kamu untuk tidak menyerah. Yakinlah pasti akan ada saatnya kamu akan berhasil.
Yg perlu kamu ketahui, lpdp tidak hanya sekedar melihat prestasi kamu saja, namun juga tentang kepribadian dan sosialmu.
Siapa tahu jika belum di coba kan. Wishing best of luck for your application.
Semoga terjawab.
Permisi mas Aan saya mau tanya IPK saya 3,27 masih bisa ikut reguler KH mas karena ada beberapa laman saya baca bila mendaftar di reguler minimal IPK 3,50 mas terimakasih
BalasHapusHello Dedy,
HapusLaman manakah yang kamu baca? Halaman website atau blog boleh menjadi referensi tambahan, namun tetap yang menjadi referensi utama adalah buku panduan LPDP terbaru, yang bisa kamu download di website resmi LPDP http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/
Jika kamu akan melamar program magister, syarat IPK sekurang kurangnya adalah 3,0 pada skala 4. Jika kamu mau mendaftar program doktoral, IPK minimal 3,25 pada skala 4. Detail tentang ini ada di halaman 5 buku panduan LPDP REGULER terbaru (versi Februari 2017). Download dan baca dengan teliti ya.
Semoga terjawab. Semoga aplikasinya sukses.
Terimakasih pencerahannya nya mas
BalasHapusSama-sama. Good luck
HapusHALLO MAS. MOHON SOLUSI, PADASAAN PENGISIAN DATA BAHASA ASING, KO PADA KOLOM NO SERTIFIKAT TDK DAPAT DIISI, OHON SOLUSI
BalasHapusMohon maaf, untuk kesalahan teknis seperti ini silakan langsung menghubungi CSO lpdp di cso.lpdp@kemenkeu.go.id
Hapussemoga lekas terselesaikan
Halo Hasad,
BalasHapusMohon maaf sekali, untuk permasalahan teknis semacam itu, silakan langsung hubungi CSO LPDP ya, kontak detail ada di panduan.
Pastikan koneksi internetmu lancar dan menggunakan up-to-date browser ya.
Semoga lekas tersolusikan.
Halo mas,maaf aku nyelip dsini
HapusMengenai pendaftaran online saya salh menginput tahun lahir,apa masih bisa diedit mas?makasih
terimakasih atas sharingnya kak, sangat membantu sekali
BalasHapusbegini kak, saya lulusan s1 farmasi dan telah lulus sebagai apoteker. ijazah yang harus saya lampirkan apakah hanya ijazah s1 atau dengan ijazah apoteker juga? terimakasih
Hello Myuu,
HapusJika mengacu pada panduan, ijazah yg digunakan untuk mendaftar adalah ijazah D4,S1 atau S2. Apakah ijazah apoteker termasuk D4?
Saya sebenernya juga kurang yakin kalau untuk kasus ini. Untuk lebih pastinya silakan menghubungi cso.lpdp@kemenkeu.go.id ya
Semoga terjawab. Terimakasih
Iya terimakasih pencerahannya kak
HapusSama Saya Myuu Yeppo. Good luck !
HapusUntuk tes toefl itp bisa dilakukan lemabaga mana aja ya mas??terimakasih
BalasHapusTes Toefl ITP harus dilakukan di lembaga resmi penyedia toefl ITP seperti iON, ELTI atau lembaga bahasa di Universitas, contohnya kalau di UI namanya LBI UI, kalau di UNY ada lembaga namanya LPPMP UNY.
HapusDisesuaikan dengan tempat tinggal kamu ya. Pastikan tes toefl nya nanti bersertifikat dari ETS (ets.org)
Semoga terjawab. Good luck
Thank you for sharing.
HapusKak mau tanya.. Surat pernyataan beasiswa afirmasi poim 2 dan 8 sama persis, yakni bunyinya "selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia", trus diulangi lagi di no. 8. Apakah dicantumkan seperti yg tertera pada formatnya? Terimakasih
Thank you for sharing.
HapusKak mau tanya.. Surat pernyataan beasiswa afirmasi poim 2 dan 8 sama persis, yakni bunyinya "selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia", trus diulangi lagi di no. 8. Apakah dicantumkan seperti yg tertera pada formatnya? Terimakasih
Hello Haris,
HapusBuku panduan adalah format acuan kita, jadi ikuti saja sama persis dengan yang ada di panduanya. Terkait itu kesalahan atau yang lain, saya pikir tidak begitu krusial asalkan tidak merubah isinya.
Atau kalau memang masih ragu, silakan hubungi CSO LPDP di cso.lpdp@kemenkeu.go.id untuk lebih pastinya ya.
Good luck aplikasinya
Semoga terjawab
Terimakasih banyak kak atas penjelasannya. Sangat membantu.
Hapusinformasi yg sangat membantu sekali..
BalasHapuska mau tanya saya ipk cuma 3.18 mau daftar beasiswa s2 lpdp ke luar negeri.. mohon tipsnya ka..
Hello Dwi ratna,
HapusKamu bisa mendaftar beasiswa LPDP jalur reguler karena IPK yang disyaratkan adalah 3.00.
Atau jika kamu memenuhi persyaratan beasiswa LPDP Afirmasi, kamu bisa mendaftar melalui jalur afirmasi daerah 3T (syarat IPK minimal 2.75) atau melalui jalur afirmasi prestasi nasional/internasional (syarat IPK 2.75).
Untuk lebih jelasnya silakan download panduan beasiswa LPDP afirmasi dan Reguler di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ yaa...
Semoga terjawab. Semoga beruntung.
Salam kenal mas Aan. Saya Thara. Saya ingin mengambil jurusan master of education di luar negeri tapi belum punya LOA. Ada beberapa univ yg menjadi target saya di jurusan tsb. Lalu sebaiknya saya nanti membuat essay tentang rencana studi nya bagaimana ya? Soalnya setau saya di rencana studi harus dijelaskan mata kuliah yg ingin diambil di jurusan dan univ tertentu. Kan saya belum pasti diterima dimana karena belum ada LOA. Terimakasih banyak atas jawabannya
BalasHapusHai Thara,
HapusPilih salah satu universitas yang paling menjadi prioritasmu dan yang paling besar peluangnya untuk kamu diterima serta kamu eligible dengan semua persyaratan pendaftaran univ itu. Satu Univ pilihan kamu inilah yang selanjutnya kamu tulis di essay kamu.
Essay rencana studi di sini bersifat rencana kamu kedepan. In case misalnya tidak diterima kamu masih bisa mengajukan pindah Univ nanti setelah kamu diterima jadi awardee LPDP. Jangan khawatir, tentukan pilihan univ terbaikmu.
Semoga terjawab. Semoga beruntung!
mas.. saya mau nanya.. saya telah mendaftar LPDP, bahan saya belum lengkap karena belum lengkap belum saya Submit pertanyaannya Apakah Bahan yang saya simpan ini bisa dipakai pada pendaftaran selanjutnya.. terutama Apakah Essay saya masih berlaku
BalasHapusHello Ali.
BalasHapusBisa, selama masih belum di submit.
Asslm
BalasHapusMas Aan salam kenal
Sya mau tanya niy sya rncana mau daftar LPDP jalur afirmasi 3T untuk univ luar negeri ... Kira2 apa yg harus pertama sya lakukan apakah saya tes toefl dulu dan harus minimal 500atau gmn... Mohon pencerahannya mas.... Makasih yah
Hallo Andy,
HapusSebelum mendaftar, silakan baca buku panduan LPDP, apakah semua persyaratan sudah masuk? Terutama sertifikat bahasa. Kalau belum mencapai skor minimal, belajarlah dulu dan pastikan kamu sudah mempunyai sertifikat bahasa sesuai syarat minimal sebelum kamu mendaftar. Begitu pula dengan syarat lain. Pastikan sesuai persyaratan dulu sebelum submit dokumen pendaftaran. Good luck ya
Halo mass. Maaf ni saya masih bingung dengan pendaftaran beasiswa luar negeri apakah ijajah dan transkip nilai harus memakai bahasa inggris? Thk
BalasHapusHallo Zanty,
HapusApakah yg kamu maksud beasiswa LPDP? Atau beasiswa yg lain?
Jika LPDP ijazah dan transkrip tidak perlu di translate, meskipun tujuan luar negeri.
Translate ijazah diperlukan nanti saat mendaftar ke Universitasnya.
Semoga terjawab
Halo mas, mau tanya nih. Kalau persyaratan pendaftaran beasiswa lpdp untuk luar negeri tahun ini apakah harus pakai IELTS atau TOEFL IBT? kalau pakai TOEFL ITP bisa tidak?
BalasHapusHalo Dwiki,
HapusUntuk tahun ini, jika kamu mendaftar untuk program reguler, TOEFL ITP tidak diperbolehkan bagi tujuan universitas luar negeri. Sertifikasi yang diperbolehkan untuk tujuan luar negeri adalah TOEFL iBT® 80/ IELTS™ 6,5/TOEIC® 800 jika pendaftar tidak memiliki LoA Unconditional.
TOEFL ITP masih diperbolehkan untuk tujuan luar negeri hanya untuk pendaftar jalur AFIRMASI.
Sudah baca buku panduan beasiswa LPDP? silakan download di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ untuk lebih jelasnya yaa.
Good luck
Halo, saya mau nanya tentang LoA dari Univ Luar Negeri. Saya niat buat LoA sebelum daftar lpdp nah Univ Luar Negeri minta saya buat kirim bukti surat sponsor (lpdp) terus caranya gimana?
BalasHapusHello,
HapusBukti surat sponsor hanya bisa didapatkan jika kamu telah resmi menjadi awardee LPDP. Prosedurnya akan dijelaskan jika kamu sudah lolos seleksi beasiswa. Jika belum, kamu tidak bisa meminta surat sponsor.
Good luck ya
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusHalo Mas Aan, terima kasih sudah berbagi infonya. Kalo boleh tanya, pemilihan jurusan dengan bidang prioritas atau non-prioritas itu apakah berpengaruh signifikan pada keputusan pihak LPDP? Lalu misalkan saya mendaftarkan diri untuk University XYZ dengan program Akuntansi (bidang prioritas) lalu setelah diterima LPDP saya ternyata diterima di University XYZ tetap di program Technology Management (bidang non-prioritas) apakah hal semacam ini diperbolehkan oleh LPDP (Pindah bidang bukan pindah Universitas tujuan)? Terima kasih ^^
BalasHapusHello Edwin,
HapusTentang keputusan, mohon maaf saya kurang tahu karena itu sudah menjadi masalah internal dan pandangan dari masing masing reviewer. Yang jelas, bidang prioritas inilah yang lebih dicari leh LPDP dari pada bidang yang bukan menjadi prioritas, tentu jika memilih bidang prioritas, maka akan diprioritaskan juga untuk diterima.
Perpindahan universitas ataupun jurusan/bidang bisa kamu lakukan nanti ketika kamu telah diterima, namun jika kamu ingin pindah di bidang/jurusan yang berbeda, kamu harus menyebutkan alasanmu secara kuat, yang nanti keputusan diperbolehkan atau tidaknya kamu pindah bidang/jurusan ini tergantung pandangan dari hasil review atasan LPDP.
Jadi keputusan diperbolehkan atau tidaknya tergantung alasan kamu dan hasil pandangan pejabat LPDP yang menilai alasan kamu. Bisa diperbolehkan, bisa juga tidak tergantung alasan kamu.
Semoga terjawab. Good luck ya
Assalamualaikum.. terimakasih mas atas infonya,, ada beberapa pertanyaan di benak saya.. Kebetulan pengetahuan saya mengenai lpdp masih minim.. izin bertanya mas,,
BalasHapus1. Mnrt mas yg perlu dilakukan pertamakali apakah kita sebaiknya memiliki LoA atau lulus LPDP dlu ??
2. Apakah lpdp mrupakan program penyaluran pemerintah ke berbagai perguruan tinggi luar negeri atau hanya sekedar pemberian bantuan beasiswa saja ??
Waalaikumsalam Aldyka,
Hapus1. Yang pertama atau yang kedua bisa dilakukan,sama saja,sama sama baik. Jika kondisimu sudah mampu mendapatkan LoA, silakan cari loA dulu. Jika kamu mau mwncari beasiswa dulu, silakan. Sama saja dua duanya. Hanya saja jika sudah mendapat LoA, kamu sudah dinilai kesiapannya sudah baik. Saya sendiri mendapatkan beasiswa dulu sebelum LoA.
2. Lpdp adalah lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa. Untuk perguruan tinggi nya kita cari sendiri.
Semoga terjawab.
Hello Kak,
BalasHapusPerkenalkan,saya Nia. Thank you info nya kak. Very useful.
Btw, mau tanya sesuatu kak. Dalam pengisian form LPDP, apakah semua pengalaman organisasi yg kita punya mesti ditulis? Atau yg ada sertifikatnya saja?
Terima kasih sebelumnya kak...
Ciao Rinia,
HapusSaya sarankan silakan ditulis semua organisasi, prestasi, dan kegiataan volunteer yang dapat dibuktikan. Bukti bisa berupa sertifikat, surat keterangan atau sejenisnya.
Semoga terjawab.
Saya kemaren masukin formulir pendaftaran tapi saya salah ketik tanggal lahir di ijazah nya ...untuk di ubah ngak bisa lagi gimana yaa solusi nya ...apa harus buat surat pernyataan dan kalo pakai surat pernyataan gimana cara buat nya ...terima kasih
BalasHapusHello Aan,
HapusSaat nanti kamu sudah lolos, kamu akan bisa update biodata terbaru kamu.
Kalaupun nanti dipermasalahkan, kamu bis amenerangkan kalau itu kesalahan input data.
Jadi jangan khawatir. Semoga terjawab. Good luck
Halo kak,
BalasHapusTerima kasih informasinya sangat membantu.
Maaf mau tanya, apakah batas minimal IPK untuk mendaftar beasiswa LPDP untuk lulusan semua universitas sama?
Terima kasih
Hai Krida,
HapusApakah universitas yang kamu maksud adalah antara universitas Negeri dan Swasta? Sudah ada buku panduan? jika belum silakan download di http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/
Berdasarkan buku panduan beasiswa lpdp reguler halaman file 5,tidak ada perbedaan untuk IPK dari universitas negeri ataupun swasta. Sedangkan yang membedakan persyaratan minimal IPK adalah jalur beasiswa LPDP yang kamu daftar, yaitu berbeda antara reguler dan jenis afirmasi. Untuk detailnya bisa kamu cermati di buku panduan yang kamu bisa download di link tersebut yaa.
Semoga terjawab.
HALO MAS, SAYA MAU TANYA. SAYA MAU MENDAFTAR BEASISWA LPDP JUGA, DAN SAYA SUDAH SAMPE PROSES UPLOAD DOKUMEN, TAPI TIAP KALI MAU UPLOAD SELALU GAGAL. SAYA MAKLUM KALO MISAL SIZE-NYA TERLALU BESAR ATAU FORMAT NYA SALAH. TAPI INI UDAH BENAR. KIRA-KIRA ADA PENJELASANNY GAK MAS ??
BalasHapusMOHON BANTUAN.
Hello Siti,
HapusSaat terjadi Error seharusnya akan muncul pemberitahuan bagian mana/penyebab kenapa terjadi Error. Misal ada kolom yang harusnya diisi tapi belum terisi secara benar, terdapat simbol yang tidak terbaca dan lain lain. Coba dicermati lagi penyebab erornya berdasarkan pemberitahuan yang muncul ya. Atau bisa jadi karena werver sedang tidak stabil. Coba lagi setelah beberapa jam.
Maaf karena masalah teknis seperti ini saya tidak bisa memberikan bantuan lebih selain saran. Good luck ya
Terimakasih mas atas jawabannya
HapusSaya mau bertanya lagi, saya Kan ingin mengundur tahun in take Saya karena Saya kmarin salah mengisi, untuk mengubahnya bagaimana caranya ya mas ? Karena Saya sudah mencari tapi tidak Ada. Apakah beasiswanya harus dibatalkan terlebih dahulu baru kemudian mendaftarkan diri kembali ?
Terimakasih atas informasinya
Halo, maaf baru membalas. untuk hal ini silakan langsung email LPDP ya. Good luck
Hapushey kak, I've few silly questions.
BalasHapus1.Apa kita bisa ketik sendiri format Surat Rekomendasi tapi disamakan dengan format di booklet? Saya rencana akan daftar lpdp tahun ini dan berhubung kampus-kerja jauh jadi mau sekalian minta SR ke Professor di kampus, sedangkan format untuk 2018 belum keluar, tapi setelah saya lihat dari tahun-tahun sebelumnya format tetap sama.
2. Kalau kita ada SR dari ex supervisor di LN apa boleh surat rekomendasi pakai bhs Inggris?
3. Ada beberapa contoh yang saya lihat kalau SR ditulis tangan, apa boleh diketik saja?
thanks in advance
Halo Amanda,
Hapus1. Iya silakan diketik sendiri asalkan formanya sama. Setahu saya tidak apa apa. Tapi sekarang silakan cek lagi untuk format terbaru. Buku panduan pendaftaran beasiswa lpdp 2018 sudah bisa di akses di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
2. Untuk ini silakan ditanyakan langsung ke LPDP ya, saya kurang tau
3. Boleh diketik atau ditulis tangan setahu saya. Saya dulu ada satu rekomendasi yang ditulis tangan dan satu yang lain diketik
Good luck ya
Salam mas. Sya pendaftar lpdp 2018. Apa masih dapat d terima tdk yah kalau Skor Toefl 427 dalam negeri dan affirmasi???
BalasHapusHalo Zahra,
HapusBisa. Silakan baca buku oanduan yang bisa di download di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ yaaa, Semoga lolos LPDP.
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)
BalasHapussemoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)