image1 image2 image3

HELLO I'M YUDIANTO|WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|I LOVE TO DO CREATIVE THINGS|I'M MUSLIM

Cara Efektif Belajar IELTS - ala ala yudianto aan





Apa kamu masih merasa kalau belajar bahasa Inggris itu tidak penting? Saya yakin kamu akan benar-benar paham betapa krusialnya kemahiran kamu dalam berbahasa inggris jika kamu mempunyai cita-cita tinggi untuk belajar dan hidup di negara orang dengan bahasa pengantar English. Tidak hanya itu, sertifikasi kemampuan bahasa inggris menjadi sangat penting ketika kamu sedang mencari beasiswa untuk studi ke luar negeri dan juga akan menjadi bekal kamu untuk bisa survive di negara tujuanmu. International English Language Testing System (IELTS) merupakan salah satu kunci utamanya. Ini merupakan tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional, menguji empat aspek kemampuan bahasa kamu meliputi Listening, Reading, Writing dan Speaking.

Sebelum kamu mulai belajar, hal utama dan pertama yang harus kamu lakukan adalah kumpulkan informasi dasar sebanyak-banyaknya tentang IELTS. Mulai dari apa itu IELTS, untuk apa fungsi IELTS, kemampuan apa saja yang diujikan, berapa biaya yang perlu dikeluarkan, serta di mana kamu bisa melakukan test IELTS. Saat kamu membaca artikel ini, saya harapkan kamu sudah mengetahui hal-hal mendasar yang perlu kamu tahu tentang IELTS tersebut ya.

Artikel ini akan memberikan kamu tips, beberapa cara efektif, dan langkah tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu sehingga dapat mencapai target IELTS sesuai dengan target kamu.

1. Cara membuat jadwal belajar IELTS yang efektif

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri untuk memilih bagaimana cara dan metode yang dipilih untuk belajar IELTS. Bagi kamu yang mempunyai tabungan ekstra, mengikuti pelatihan tentang IELTS bisa menjadi salah satu pilihan. Sedangkan bagi kamu yang ingin belajar IELTS secara mandiri, mendapatkan nilai tinggi di IELTS sangatlah bisa.

Ketahui kemampuan awal kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai belajar adalah dengan mengetahui kemampuan awal IELTS kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan simulasi tes IELTS di berbagai lembaga yang menyediakan simulasi IELTS, seperti iON, English First, dan berbagai lembaga pengembangan bahasa lainnya. Biaya yang dibutuhkan biasanya sekitar 10% dari biaya official test. Jika biaya official test adalah 2,8 juta, berarti biaya simulasi sekitar 280 ribu. Ini relatif tergantung dari lembaga penyelenggara.

Tentukan berapa jam kamu perlu belajar

Nilai IELTS mempunyai range skor antara 0 sampai 9. Menurut salah satu studi, untuk meningkatkan satu skor, kamu membutuhkan sedikitnya 220 jam belajar efektif. Berdasarkan data ini, kamu bisa mengalkulasi kebutuhan belajar kamu untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Misalnya, jika hasil simulasi IELTS kamu mendapatkan overall 4.5 berarti untuk mencapai target 6.5 kamu harus belajar setidaknya 440 jam. Sehingga, jika satu hari kamu bisa belajar selama delapan jam, berarti kamu membutuhkan 55 hari efektif untuk belajar atau katakanlah sekitar dua bulan. Jika kamu hanya memiliki waktu 4 jam untuk belajar dalam sehari, artinya kamu akan membutuhkan waktu 4 bulan untuk mencapai target 6.5. Tapi yang perlu kamu pertimbangkan adalah, kamu harus menargetkan nilai IELTS kamu satu angka di atas target yang sebenarnya. Jika targetmu adalah 6.5 buatlah target belajar kamu untuk mendapatkan overall score 7.5. Tujuannya adalah sebagai tindakan preventif untuk kemungkinan terburuk. Maksudnya tidak sedikit rekan-rekan saya yang pada hasil belajarnya sudah mendapatkan nilai 7, namun saat hari H test nilainya turun. Faktor fisik, mental, kesiapan diri, kesehatan dan keadaan lingkungan tes menjadi pertimbangan kenapa kamu harus melakukan ini.

Membuat jadwal belajar mandiri full time

Saya menyebut ini full time untuk kamu yang benar-benar hanya mengalokasikan waktunya setiap hari untuk belajar, tidak sedang bekerja, atau bahkan sambil kuliah. Benar-benar setiap hari untuk belajar. Salah satu inspirasi dari penulisan artikel ini diambil dari blog Kiki Edward Website yang juga memberikan tips belajar IELTS cepat. Jadwal yang kamu lakukan bisa kamu susun seperti ini.



Membuat Jadwal belajar mandiri part time

Maksud dari istilah part time yang saya gunakan di sini adalah ketika kamu harus melakukan kegiatan rutin harian misalnya kamu harus bekerja, kuliah, sedang mengikuti les IELTS atau kegiatan rutin lainnya. Kamu harus membuat jadwal yang disesuaikan dengan waktu kosong dan waktu yang memungkinkan bagi kamu untuk belajar. Setiap waktu kosong adalah penting. Patikan jumlah jam belajar kamu sesuai dengan perkiraan jumlah jam yang diperlukan untuk mengejar target IELTS kamu. Berikut adalah jadwal belajar IELTS saya sebagai gambaran penyusunan jadwal belajar.




2. Material yang wajib kamu miliki


IELTS Cambridge series 1-13 adalah material wajib yang harus kamu print dan dikerjakan. Untuk filenya sudah banyak beredar di Internet, silakan googling dan saya yakin akan dengan sangat mudah menemukan file ini. Selain itu kamu bisa menggunakan materi latihan dari IELTS Help Now atau Oxford IELTSPractice Tests - Peter May.

Kunjungi website atau channel youtube yang memberikan video pembelajaran IELTS. Video yang recommended adalah dari IELTS Liz dan Emma. Download semua videonya, pelajari dan catat hal-hal penting yang mereka sampaikan.

Buku Common Mistake at IELTS Intermediate dan Common Mistakeat IELTS Advanced. Buku ini memberi penjelasan tentang kesalahan yang sering dilakukan saat mengerjakan tes IELTS. Kerjakan dan pelajari semuanya tanpa terkecuali.

The Official Cambridge Guide to IELTS. Buku ini sangat direkomendasikan. Membahas apa saja yang perlu diperhatikan saat mengerjakan IELTS beserta 6 paket latihan.

Saat kamu latihan, buat seolah olah kamu sedang melakukan official test yang sebenarnya. Gunakan Listening Answer Form, Reading Answer Form dan Writing Answer Form. Ini akan melatihmu untuk bisa memanajemen waktu saat memindahkan jawaban ke lembar jawab untuk listening dan reading. Untuk listening, kamu akan diberikan waktu 10 menit tersendiri untuk memindahkan jawaban kamu. Namun untuk reading, 60 menit waktu yang diberikan sudah termasuk memindahkan jawaban kamu. Pastikan kamu berlatih memanajemen waktu untuk ini.

Sedangkan untuk writing, minimal jumlah kata yang kamu butuhkan untuk Task 1 adalah 150 kata, untuk Task 2 adalah 250 kata. Untuk tahu sudah memenuhi jumlah kata atau belum dan untuk membiasakan diri dengan ini, kamu perlu menggunakan Writing Answer Form agar tidak mendapatkan pengurangan nilai karena kurangnya jumlah kata.

101 Helpful Hints for IELTS. Dengan membaca ini kamu adakan mengetahui berbagai macam trik khusus yang sangat penting saat mengerjakan IELTS.

Ketahui tabel penilaian untuk listening dan reading berikut ini (by: http://www.examenglish.com). Sehingga kamu bisa mengukur kemampuanmu sendiri dan memberikan skor kamu sendiri. Sedangkan untuk writing dan speaking kamu harus memahami Band Descriptor nya yang akan dijelaskan lebih rinci pada poin writing dan speaking.





3. Cara efektif meningkatkan kemampuan listening IELTS


Teori - Latihan - Evaluasi - Perbaiki

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan listening kamu adalah dengan teori - latihan - evaluasi - perbaiki kemudian setelah itu baca teori & tips lagi - latihan lagi - evaluasi lagi - perbaiki lagi. Begitu terus menerus hingga kamu memperoleh hasil yang sesuai keinginan kamu.

Untuk bahan latihan, silakan menggunakan IELTS Cambridge1-11, IELTS Help Now atau Oxford IELTS Practice Tests - Peter May yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya. Satu kali skoring untuk listening adalah sekitar 30 menit ditambah dengan 10 menit transfer jawaban ke answer form. Untuk latihan, sekali lagi, pastikan kamu menggunakan answer form untuk membiasakan diri. Jangan biarkan nilai kamu menjadi turun karena terjadi kesalahan penempatan jawaban atau typo yang kamu lakukan di lembar soal.

Langkah evaluasi sangat penting. Jangan sampai kamu hanya melakukan latihan terus menerus tanpa evaluasi. Hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat kesalahan-kesalahan yang kamu lakukan pada hasil latihan kamu. Buka kembali hasil jawaban kamu pada tiga atau empat latihan kamu sebelumnya. Kemudian identifikasi bagian atau jenis soal yang mana yang kamu sering salah menjawabnya.

Sebagai contoh, ketika kamu selalu melakukan kesalahan pada spelling nama orang atau nama tempat, maka lakukan latihan terus pada topik spelling. Latihlah diri kamu untuk menuliskan spelling dengan benar dengan menggunakan bahan latihan yang tersedia. Contoh lain, ketika kamu merasa kesulitan dan banyak kesalahan di jenis soal maps, maka setelah itu kamu harus meluangkan waktu untuk membaca teori dan tips, vocabulary untuk maps dan tips trik untuk memperbaiki ini. Begitu pula dengan jenis soal yang lain.

Memperbaiki kesalahan dengan membaca teori dan tips dan latihan untuk jenis soal yang sama hingga kamu tidak melakukan kesalahan lagi merupakan langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya. Gunakan bahan latihan tertentu (secara random mengambil dari Cambridge IELTS misalnya), dan kerjakan bagian tertentu saja yang menjadi kesulitan kamu. Teori dan tips bisa kamu dapatkan dalam Video Liz dan Emma serta buku 101 Helpful Hints for IELTS.

Taking Note

Taking note menjadi salah satu cara terbaik untuk menyiasati saat menjawab soal listening, terutama section 3 dan section 4, ketika kamu harus mendengarkan long talks dari lecturer dan menjawab dengan pilihan jawaban yang panjang. Ini sangat efektif, silakan dicoba.

Catat segala kata kunci yang bisa membuat kamu ingat dengan apa yang dibicarakan di audio. Gunakan note kamu ini untuk menjawab soal.

Focus on specific detail, jangan malamun, move on!

Focus on specific detail, jangan melamun, dan belajarlah move on. Jika kamu terlewat satu nomor, maka lupakanlah dan fokus untuk soal selanjutnya. Jangan biarkan dirimu menyesali satu soal yang tidak kamu jawab. Karena jika kamu masih memikirkannya, kamu akan terlewat lagi untuk menjawab soal setelahnya. Mengorbankan satu nomor untuk kebenaran nomor yang lain sangat dianjurkan untuk IELTS jika kamu mengalami kasus ini.

Asah telinga kamu regularly

Asah telinga kamu dengan setiap hari mendengarkan British accent. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mendownload BBC 6 Minutes English Podcast, memindahkan ke HP kamu dan dengarkan dimanapun dan kapanpun kamu punya waktu, seperti saat di dalam bis, berjalan ke kampus dan sebagainya. Dengan melaukan ini kamu juga akan belajar berbagai vocabulary baru dan sangat berguna untuk kemampuan listening kamu.

4. Cara efektif meningkatkan kemampuan reading IELTS


Reading section merupakan jenis penilaian kemampuan bahasa Inggris yang kedua yang harus kamu lakukan. Secara umum, bentuk belajar efektif untuk reading hampir sama dengan listening.

Teori - Latihan - Evaluasi - Perbaiki

Baca teori dan tips menjadi langkah pertama yang harus kamu lakukan, kemudian latihan, evaluasi, perbaiki dan langkah selanjutnya kembali seperti langkah awal. Buku yang recommended untuk reading ini adalah IELTSAdvantage - Reading Skill dan 101 Helpful Hints for IELTS.

Latihan menjadi sangat penting untuk semua section di IELTS. Semakin banyak kamu melakukan latihan reading semakin terbiasa kamu dengan pengerjaan soalnya dan semakin bisa pula kamu membagi waktu. Bagi sebagian besar orang, permasalahan terbesar untuk reading section adalah manajemen waktu yang kurang baik. Kita hanya diberikan waktu selama 60 menit untuk menjawab 40 soal yang terbagi dalam tiga passages. Waktu ini sudah termasuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban. Sehingga setiap passage harus diselesaikan dalam waktu setidaknya maksimal 18 menit 30 detik, agar kamu bisa mempunyai 1,5 menit untuk memindahkan jawaban kamu ke Reading Answer Form. Semakin banyak kamu melakukan latihan kamu akan semakin bisa memanajemen waktu kamu.

Biasanya, semakin kebelakang, passage dan pertanyaan akan relatif semakin sulit. Sehingga salah satu trik yang bisa digunakan adalah benar-benar alokasikan waktu kurang dari 20 menit untuk passage pertama sehingga siswa waktu yang ada bisa kamu gunakan untuk mengerjakan passage terakhir yang relatif lebih sulit.

Langkah evaluasi bisa dilakukan hampir sama dengan evaluasi di listening. Buka kembali hasil jawaban kita tiga atau empat kali latihan sebelumnya dan identifikasi jenis pertanyaan apa yang sering terjadi kesalahan, atau kesalahan lain yang kita lakukan. Misalnya, jika kamu terus menerus melakukan kesalahan saat menjawab jeni soal heading, maka kamu harus benar benar fokus untuk menyelesaikan permasalahan kamu ini, belajar bagaimana trik dan teori penjawaban soal heading, belajar dari video, latihan pada jenis soal heading dan lakukan terus sampai kamu benar benar mengerti dan menjawab dengan benar jenis soal ini. Begitu pula jika kamu bermasalah dengan jenis soal yang lainnya.

Cara mengetahui permasalahan kamu bisa juga dilakukan dengan mengerjakan soal yang sama yang sudah kamu kerjakan dalam 3-4 minggu sebelumnya. Jika kamu masih melakukan kesalahan di nomor yang sama, berarti di situlah kelemahan kamu.

Cara perbaikan kemampuan kamu dapat kamu lakukan dengan fokus kepada salah satu jenis soal yang menjadi kesalahan, banyak lihat dan pahami penjelasan dari berbagai video pembelajaran atau penjelasan dan tips dari buku.

Ulangi siklus ini sampai nilai kamu perlahan lahan naik secara berkala.

Kamu harus banyak membaca

Target membaca menjadi hal lain yang harus kamu lakukan. Kamu harus memaksa diri kamu untuk membaca setidaknya dua berita berbahasa Inggris setiap harinya. Website yang recommended untuk ini adalah The Guardian dan National Geographic. Kamu juga bisa menginstal aplikasi berita luar negeri di handphone kamu seperti Flipboard. Dengan melakukan ini tingkat pemahaman dan kecepatan membaca kamu akan meningkat, yang jelas akan sangat membantu kamu saat mengerjakan reading section.

Namun, jangan hanya dibaca saja. Pastikan kamu mengerti apa yang dibicarakan di berita tersebut dan tulis vocabulary baru yang belum kamu ketahui beserta arti, jenis kata, dan penggunaannya dalam catatan pribadi kamu. Jika kamu sudah membaca buku 101 Helpful Hints for IELTS, kamu akan mendapat berbagai macam tips yang kamu butuhkan secara lebih teknikal dan rinci untuk cara menjawab soal reading.

5. Meningkatkan kemampuan writing IELTS


Dalam IELTS kamu akan diminta untuk membuat dua buah essay. Writing task 1, kamu harus membuat essay sebanyak minimal 150 kata dalam 20 menit dan writing task 2, kamu harus membuat essay 250 kata dalam 40 menit. Sehingga total alokasi waktu untuk writing adalah 60 menit. Essay di Writing Task 1 mempunyai bobot penilaian 1/3 sedangkan essay di Writing Task 2 mempunyai bobot penilaian 2/3.

Teori - latihan - koreksi - evaluasi - perbaiki

Baca teori, latihan, koreksi, evaluasi, perbaiki dan ulangi langkah ini mulai dari awal lagi secara terus menerus sampai kualitas penulisanmu meningkat.

Gunakan buku ini

Untuk writing task 1, buku yang recommended untuk kamu adalah IELTS The Complete Guide to Task 1 Writing. Download buku ini, print, kerjakan dan pelajari. Sedangkan untuk task 2, kamu bisa belajar melalui berbagai materi dari IELTS Simon Writing task 1 dan IELTS Simon Writing task 2 dan berbagai sumber buku lain. Untuk writing task 2 ini sifatnya lebih umum sehingga saya juga menggunakan kompilasi banyak buku untuk teori nya.

Manfaatkan secara bijak model answers

Model answers akan sangat membantu kamu sebagai gambaran bagaimana cara penulisan writing yang baik. Saya merekomendasikan buku IELTS Write Right untuk contoh model answers beserta pembahasannya. Dengan belajar dari model answers, pastikan kamu mempelajari bagaimana cara penulisan dan alurnya, jenis kata yang digunakan, kemudian tulis di buku catatanmu dan terapkan di essay kamu.

Bagi sebagian orang, writing IELTS inilah section yang paling sulit dalam IELTS. Bahkan sebagian besar dari rekan-rekan saya hanya mampu mendapatkan maksimal skor 6.5. Namun tetap saja ini relatif.

Gunakan strategi ini

60 menit untuk menulis adalah waktu yang sangat singkat. Menurut saya untuk mengatasi permasalahn tersebut, yang bisa kamu lakukan agar dapat menulis dengan cepat dan akurat adalah kamu perlu membuat semacam pattern tentang bagaimana alur menulisnya, kata-kata yang digunakan dan jumlah kalimat yang kamu gunakan serta alokasi waktu yang harus kamu atur. Pattern untuk writing task 1 bisa kamu temui di buku IELTS The Complete Guide to Task 1Writing dan pattern untuk writing task 2 kamu bisa memakai file Pola atau IELTS Writing Pattern Task 2 ini.

Temukan partnermu

Evaluasi essay kamu dengan meminta bantuan kepada teman atau rekan lain yang sama-sama sedang berjuang untuk tes IELTS. Kamu harus menemukan rekan belajar dan dapat saling bertukar hasil essay serta saling mengoreksi dan memberi masukan. Ini akan efektif jika rekan kamu adalah sama sama pejuang IELTS yang sedang belajar. Untuk menilai sejauh mana dan kisaran berapa skor yang akan kamu dapatkan kamu bisa berpedoman dengan IELTS Writing 1 Band Descriptor dan IELTS Writing 2 Band Descriptor.

Latihan adalah kunci utama dari semua kemampuan ini. Semakin banyak kamu latihan, evaluasi dan perbaikan maka semakin baik kualitas tulisan kamu.

6. Meningkatkan kemampuan speaking IELTS


Kenali apa yang akan kamu hadapi

Tenang saja, untuk speaking IELTS kamu tidak diminta untuk berpidato di depan banyak orang. Pada section ini kamu akan diajak berbincang bersama native speaker (Bule) berdua di ruangan yang private dan suara kamu akan direkam. Pertanyaan yang diajukan tergolong pertanyaan umum yang santai, misalnya tentang keadaan keluarga kamu, keadaan tempat tinggal kamu, makanan favorit kamu, dan sebagainya.

Namun jangan diremehkan, meskipun hanya pertanyaan santai, namun setiap yang kamu ucapkan akan dinilai. Komponen penilaian dapat kamu lihat pada IELTS Speaking Band Descriptor. Kamu juga perlu belajar tentang vocabulary yang digunakan untuk menjawab tiap jenis pertanyaan berdasarkan tema. Saya merekomendasikan untuk menggunakan buku Collins Speaking pdf dan Collins Speaking Audio yang memberikan penjelasan tentang vocabulary yang disarankan cara menjawab dan contoh jawaban.

Gunakan cara belajar ini

Cara belajar untuk speaking adalah tidak diragukan lagi dengan latihan dan latihan. Kamu sebaiknya memiliki partner ntuk belajar dan saling berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Cari pasangan untuk berperan sebagai examiner dan IELTS candidate, buat situasi seperti sedang tes dan tanya jawablah. Saling evaluasi satu sama lain dan lakukan perbaikan. Rekam suara kamu dan setelah selesai, dengarkanlah dan evaluasi diri kamu yang berpedoman pada IELTS Speaking BandDescriptor. Sehingga kamu bisa menilai sejauh mana kemampuan bahasa inggris kamu dan tahu apa yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan nilai lebih.

Jika kamu benar-benar tidak mempunyai rekan manusia, laptop kamu bisa kamu jadikan rekan yang setia. Menggunakan webcam, kamu harus merekam video jawaban kamu. Jika sudah selesai, putar ulang dan evaluasi kesalahan kamu, grammar, pronunciation, hesitation, bahkan mimik wajah kamu.
Misalnya, berdasarkan IELTS Speaking Band Descriptor, untuk mendapatkan nilai 6.5+ kamu harus tidak melakukan kesalahan pada grammar, menggunakan uncommon vocabulary, minimum hesitation dan beberapa aspek lainnya. Koreksi diri kamu sendiri apakah sudah memenuhi hal tersebut. Jika masih ada kesalahan, ulangi pertanyaan dan cara menjawab kamu, perbaiki, dan evaluasi hasil jawaban kamu. Dengarkan contoh jawaban untuk mendapatkan inspirasi.

7. Cara memperkaya vocabulary kamu


Vocabulary menjadi sangat penting karena akan berpengaruh terhadap semua aspek di IELTS. Semakin kaya vocabulary, kamu akan semakin mudah untuk menjawab pertanyaan dalam listening, reading, writing dan speaking. Selain mendengarkan BBC 6 Minutes English Podcast, membaca dan menulis vocabulary baru di media cetak atau online, dan membaca sampel answers untuk writing, ada buku yang recommended untuk memperkaya vocabulary kamu. Menggunakan buku Baron Essential Words for IELTS menjadi salah satu saran dari saya.

8. Tindakan preventif untuk menyikapi meltal down saat hari H


Lakukan hal ini sebelum hari H tes IELTS

Setelah semua usaha belajar dilakukan, akhirnya official test yang dihadapi. Namun saya menyarankan kamu untuk mengambil IELTS prediction test 3-4 hari sebelum hari H. Tujuannya untuk membiasakan mental kamu menghadapi situasi official test agar mental tidak down saat hari H. Atur diri kamu sehingga kamu merasa bahwa prediction test ini adalah official test yang kan menentukan lulus atau tidaknya 2,8 juta biaya tes IELTS kamu untuk mendapatkan skor semaksimal mungkin. Diharapkan dengan hal ini kamu akan jauh lebih terbiasa untuk menghadapi situasi tes dan tidak nervous saat tes berlangsung.

Gunakan waktu santai selama H-1, tidur cukup dimalam harinya, persiapkan peralatan (pensil, penghapus, dan rautan terbaik). Serta, berdoa menjadi senjata utama jika kamu sudah sampai langkah ini. Mitalah restu kepada orang tua dan teman-teman terdekat kamu agar kamu bisa lebih tenang dan maksimal dalam mengerjakan tes IELTS ini. Selama registrasi, waktu menunggu dan waktu jeda, gunakan terus untuk berdoa.



---------------------------------------------------------------------

Setelah segala usaha yang penuh perjuangan dan harapan ini kamu lakukan dengan segala kesungguhan, di akhir, kamu akan merasa sangat bangga melihat berbagai buku yang menjadi saksi perjuangan kamu terjejer dengan rapi di meja belajar kamu, tembok yang penuh tempelan note, dan tumpukan hand out yang semuanya telah dan terjawab dan kotor oleh coretan pensil.


Background saya dari teknik, yang semala kuliah S1 selalu berkutat dengan mesin, besi, gerinda, mesin las, dan tidak ada background anak bahasa sama sekali. Start skor overall IELTS saya adalah 4.5, dengan skor listening 2.5, reading 4.5, writing 4,5 dan speaking 6.0.

Saya berdoa bagi kamu yang membaca tulisan ini agar mampu mencapai nilai skor IELTS yang kamu targetkan dalam official test kamu. Ketika H+13, hari yang penuh harap dan penantian, semoga kamu dapat melihat sertifikat IELTS kamu dengan nilai Listening, Reading, Writing dan Speaking yang berjejer dengan nilai yang sesuai harapan.


"Yakinlah, akan ada sesuatu yang menantimu selepas banyak kesabaran yang kau jalani, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit."
- Ali bin Abi Thalib -



Tidak ada niat negatif atau prasangka buruk lainnya. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan hasil observasi dari berbagai sumber. Niat saya adalah membagi apa yang saya tahu dan apa yang saya punya, berharap yang saya lakukan ini akan membantu teman-teman semua, memberikan kemudahan, niat berbalas budi dan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada rekan-rekan yang telah bersama berjuang dan semua pihak yang terlibat.

Jika kamu menemukan kesalahan, saran dan masukan sangat saya harapkan untuk kebaikan bersama. Silakan tulis di kolom komentar atau menghubungi saya via email.

Demi kebaikan bersama dan alasan hak cipta, jika kamu menginginkan link download untuk beberapa buku dan file yang tidak ter-hyperlink, silakan hubungi saya di kolom komentar.

Semoga penuh manfaat dan barokah. Wishing you best of luck!


Aan Yudianto
Awardee Candidate of Indonesia Endowment Fund for Education


Referensi:
Kiki Edward Website: https://kikyedward.com/2016/05/19/studi-ielts-cepat-ala-kiky-edward/
IELTS Liz: https://www.youtube.com/user/ieltsliz/playlists
Emma IELTS: https://www.youtube.com/watch?v=cNyLs7YWFL8&list=PLaNNx1k0ao1v8I2C8DAxXOayC3dG00xtj
IELTS Simon: http://ielts-simon.com/ielts-help-and-english-pr/ielts-writing-task-1/
Wall VK: https://vk.com/wall-28817335?q=ielts
Exam English: http://www.examenglish.com/IELTS/IELTS_Band_Scores.html



Cara Efektif Belajar IELTS ala Yudianto Aan. Cara Cepat Belajar IELTS. Tips Belajar IELTS. Belajar IELTS Mandiri. Belajar IELTS Otodidak. Belajar IELTS Bersama. Kursus Belajar IELTS. Pelatihan IELTS. Sukses Belajar IELTS. Supplement Belajar IELTS. Materi IELTS. Buku IELTS. Buku Penting untuk IELTS. Material Recommended untuk IELTS. Trik IELTS. IELTS Cheat. Jalan Pintas IELTS.

Share this:

CONVERSATION

243 comments:

  1. Keren banget mas Aan😀😀😀pokoknya selalu the best👍👌

    BalasHapus
  2. I totally agree. Many thanks for visiting.

    BalasHapus
  3. Mantapss. Details bingits. Good one. Eh eh buku yg Cambridge band xx-xx nya blm tersebut disitu, vocaburaly for ielts jga kece abiss, eh grammar jga, pathways yg vocab nya ngeri2. All in all that books which I mention undoubtedly important foundation to go totothe the next level of English :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Roi,

      Wah, terimakasih. Suatu kebanggaan, blog amatiran ini dikunjungi calon master Computer Science sekelas Europe.

      I will complete it next time. Beberapa dari itu belum nemu link nya biar rekan rekan pengunjung bisa baca dan download langsung. Hopefully it helps indeed.

      Boleh banget kalau mau di share :D

      Hapus
  4. Awesome! Big Thanks Aan. It is really useful...

    BalasHapus
  5. bagus. mantap. manfaat wkwkwkwkwkk

    BalasHapus
  6. Thankyouuu mas..bermanfaat banget.
    Semoga bisa istiqomah belajar ielts.. doain yaa and waiting a good news \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih Devie. Semoga sukses untuk belajarnya!

      Hapus
  7. Thankyouuu mas.Jazakallah Khair. Mas Aan perkenalkan saya donny sulastiawan asal dari Bekasi mau nanya metode belajar mas, pengertian kegiatan antara Listening/Reading Scoring dengan IELTS Exercise apa ya? Apakah yang satu belajar teori yang satu latihan atau bagaimana mas? terimakasih sebelumnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Donny,

      Scoring yang aku maksud disitu adalah latihan listening dan reading menggunakan soal soal latihan IELTS seperti Cambridge series 1-12 dengan menggunakan waktu disimulasikan dengan real test.
      Sedangkan exercise itu dengan belajar yg disesuaikan dengan topik/kelemahan kita/latihan mengasah kemampuan.

      Misalnya jika itu listening, yg dimaksud dengan skoring adalah mengerjakan Cambridge ielts series,exercise nya dengan mendengarkan BBC Podcast dan mengerjakan soal yg mengikuti (jika ada).

      Semoga terjawab. Good luck!

      Hapus
  8. Wah perjuangan bgt. Brp skor akhir nya kalau boleh tau? Bisa tolong kirim Link dan pdf materi IELTS ke email saya novayurika53@gmail.com

    Terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Nova,

      Saya dapet overall 7.0 (L 7.5; R 7.5; W 6.0; S 7.0).
      Link download sudah terkirim via email ya, Please check. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  9. Wah persis penderitaan sya ini,.sya anak mesin yg ga familiar ama inggris, pertama tes dpt 5.5,,mw berusha lagi, kalo berkenan mohon share link ke ir.david@yahoo.co.id
    Terima kasih sblmnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello David. Good luckya untuk hasil IELTS nya. Link sudah saya kirim email. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Halo kak aan ,, saya Valensius Primsa dari SMA NEGERI 1 KABANJAHE , Saya akan test 3 bulan lagi .. saya harap kak Aan bisa mengirimkan kepada saya website downloadnya :D Terima kasih
    primsginthe726@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Prisma,
      Good luck ya untuk nilai IELTS nya. Sudah aku kirim email. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  11. Hai kak,bisa jelasin perbedaannya LISTENING SCORING, PREPARATION, dan EXERCISE? Bukannya semuanya sama" mengerjakan soal giru atau gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Indra,
      Benar. Basically semuanya sama sama latihan mengerjakan soal.

      Listening Scoring ini maksud saya adalah kamu mengerjakan soal Listening IELTS dengan menggunakan kertas lembar jawab, memberi waktu sesuai tes sebenarnya dan memposisikan diri kamu seolah olah sedang mengerjakan tes IELTS listening.

      Preparation artinya mengerjakan soal IELTS secara keseluruhan, mulai dari listening, reading, writing dan Speaking. Untuk writing dan speaking kamu bisa minta bantuan senior atau guru kamu untuk membantu memberikan feedback, sedangkan untuk listening dan reading kamu bisa mencocokannya dengan kunci jawaban.

      Exercise yang dimaksud adalah kamu mengerjakan bagian khusus dari jenis soal. Misalnya adalah ketika kamu lemah di listening bagian spelling (mengeja huruf dan angka misalnya) kamu cari latihan soal yang hanya benar benar memperdalam kemampuan kamu dalam hal mengerjakan ejaan huruf dan angka saja. begitu pula dengan jenis soal lainnya.

      Good Luck ya, semoga terjawab.

      Hapus
  12. Hallo kak, aku anggita dari palembang. Artikelnya bermanfaat dan lengkap kak, bikin tambah semangat belajar IELTS biar bisa studi keluar negeri aamiin. Oh ya kak, kalo ada waktu luang tolong kirim link materi ielts ke email saya kak @anggitanahda.an@gmail.com makasih banyak kak, sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciao Anggita,

      Aamiin, semoga bisa segera menyusul studi ke negara tujuanmu ya. Sudah aku kirim ya. Goodluck buat hasil IELTS nya.

      Hapus
  13. Selamat pagi kk, tulisannya sangat menginspirasi..jika tidak keberatan boleh kk sya minta materi IELTS nya kk. Mohon kirim ke e mail ardiyanto532@gmail.com


    ya kk..semoga semakin sukses kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ardi,

      Boleh. Sudah aku kirim ya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  14. Terimakasih kak, sangat memotivasi sekali, saya sempat patah semangat arena saya sudah belajar IELTS tapi skor saya 5,5. saya sempat putus asa dan tidak mau belajar IELTS lagi, tapi saya menemukan kelemahan saya, setiap saya belajar saya lupa untuk mengevaluasi kesalahan saya. terimakasih tulisannya, saya semangat lagi untuk belajar IELTS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dian, Jangan Menyerah! Belajar untuk "belajar cerdas" yaa.. Semangatt.. semoga segera mendapatkan skor IELTS yang ditargetkan.

      Hapus
  15. Kak, apabila tidak keberatan, boleh kah saya minta materi IELTS, untuk yang cambridge saya sudah ada, tetapi materi yang lainnya belum, apabila berkenan ini email saya kak --> dianmontanesa@gmail.com.
    terimakasih ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Dian,
      Sudah aku kirim ya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  16. Terimakasih, artikelnya sangat menginspirasi. Saya sudah pernah persiapan kursus British council dan juga belajar otodidak, hasilnya masih 5.5. Stelah itu saya cooling down selama 2 tahun. Stelah baca artikel ini spertinya saya kurang persiapan. Dan kendala lain saya saat itu adalah vertigo, Terimakasih mas, setelah baca artikel ini saya bersemnagat lagi. Mohon dikirim bahan IELTS nya. Ke: liharmansaragih@usi.ac.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tetap terjaga semangat dan diberikan kesehatan yaa. Semoga segera mendapatkan skor IELTS sesuai target.

      Link materi IELTS nya sudah saya kirim yaa.. Good luck

      Hapus
  17. Wow keren kak, tulisannya sudah membuat saya tercerahkan :). Btw, minta izin mencotoh daily schedule nya ya. Selama ini saya belajar bahasa Inggris tanpa ada evaluasi, jadi saya tidak bisa mengindentifikasi mana yang benar2 harus diperkuat lagi. Oiya, kalau tidak keberatan saya minta tolong untuk dikirimi materi IELTS nya ke alamat email khabibah7@gmail.com. Semoga selalu diberi kelancaran ya kak, terima kasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Khabibah,

      Terimakasih. Boleh silakan. Link nya sudah aku kirim ke email ya. Semoga sukses.

      Hapus
  18. Terimakasi untuk informasinya mas Aan.. Sangat membantu saya untuk belajar. Semoga saya bisa seperti mas Aan. Bisa mencapai target IELTS 7,5 doakan saya ya mas.
    Oiya, kalau tidak keberatan saya minta tolong untuk dikirimi materi IELTS nya ke alamat email ahmadferdi134@gmail.com
    Terimakasih mas semoga ALLAH akan membalas kebaikan mas Aan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ferdian,
      Aamiin, semoga disegerakan mencapai target nya ya. Link Google drive materi IELTS nya sudah aku kirim. Semoga sukses

      Hapus
  19. Artikelnya sangat menginspirasi sekali, setidaknya sudah dapat gambaran bagaimana IELTS tersbut. Bisa dikirimkan tidak mas materi IELTS nya agar saya bisa mengikuti jejak mas dapat Band Score 7.0. Kirim ke afahmids@gmail.com. Ditunggu ya mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciao Ahmad,
      link Google drive sudah aku kirimkan ya, silakan di cek. Good luck

      Hapus
  20. Mas Aan, boleh di email link download material IELTS nya ke corryannelia@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Corry,

      boleh. Sudah aku kirimkan link nya via email. silakan di cek. Good luck

      Hapus
  21. Artikelnya sangat menginspirasi sekali. Terima kasih untuk informasinya mas Aan. Sangat membantu saya untuk belajar. Semoga saya bisa seperti mas Aan, mencapai skor IELTS 7,5. Jika tidak keberatan boleh saya minta materi IELTS nya, tolong dikirim ke email anastasiamia25@gmail.com, Sukses selalu ya kak, terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mia,

      Aamiin. Semoga segera mendapat skor sesuai target. link ielts sudah aku kirim. Best luck for you

      Hapus
  22. assalamualaikum mas aan,
    luar biasa, artikel yg sangat menginspirasi. sya sudah lama punya cita-cita untuk bisa lanjut study ke LN. cuma ya itu, score ielts sya msh rendah. kalo tidak keberatan boleh sya mnta materi ielts nya mas, bisa dikirim ke alamat email novritazul10@gmail.com.
    terima kasih banyak sebelumnya mas, sukses selalu ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb Novrita,
      Semoga cita cita nya terkabutdi waktu yang paling tepat. Sudak aku email ya link nya, semoga bermanfaat. Barakallah.

      Hapus
  23. Salam mas Aan,. sangat bermanfaat artikel nya mas,. kalo tidak keberatan untuk mengirim kan link download ke fahmiaje9@gmail.com, terimaksih, sukses selalu mas,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fahmi,

      link materi IELTS sudah aku kirim email ya,Good luck

      Hapus
  24. Hi Mas Aan,
    Terimakasih atas sharing nya, sangat bermanfaat.
    klo tidak keberatan untuk mengirim link ke alamat email : rahadianivan@yahoo.com
    Terimakasih, mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Ivan,

      Link sudah aku kirim via email ya, semoga penuh manfaat.

      Hapus
  25. Haiii mas Aan yang baik hati, sebelumnya terima kasih sudah mau berbagi ilmu.
    Blog ini pasti salah satu rujukkan saya untuk teman-teman nantinya.
    Mas aan sekiranya berkenan untuk mengirimkan materinya juga buat saya mas. Email saya sisilnadeak@gmail.com.
    terima kasih mas. sehat selalu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Sisil,

      Terimakasih. Link materi ielts sudah saya kirimkan ke email ya. Good luck

      Hapus
  26. Halo kak aan, thanks artikelnya bermanfaat sekali. Kalau ada waktu luang dan tidak keberatan untuk share materi Ielts nya saya akan sangat berterimakasih sekali.
    Ini alamat email saya: sobhitaparamita@gmail.con

    Trims, sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sobitha,

      Link materi ielts sudah saya kirim ya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  27. Nurman
    Terimakasih atas artikel dan semua informasinya mas aan, sangat bermanfaat sekali. Jika tidak keberatan, mohon dikirimkan materi ielts ke alamat email saya, nurmanbioma@yahoo.com. trimksh banyak

    BalasHapus
  28. Nurman
    Terimakasih atas artikel dan semua informasinya mas aan, sangat bermanfaat sekali. Jika tidak keberatan, mohon dikirimkan materi ielts ke alamat email saya, nurmanbioma@yahoo.com. trimksh banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nurman. link sudah saya kirim via email ya. Semogabermanfaat.

      Hapus
  29. Bagus banget dan sangat memotivasi untuk belajar ielts.
    terima kasih mas aan, semoga tetap bisa membagikan artikel-artikel bermanfaat terus.
    jika berkenan, mohon kirim juga materi ielts nya ke alamat email saya, lastaridapurba1994@gmail.com
    thank you so much..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lastarida, sama sama. Semoga bermanfaat. silakan cek email ya.

      Hapus
  30. Sangat memotivasi sekali kak...
    Boleh dungs minta file2 yang kaka pelajari, tolong kirimkan ke faisalridhosakti216@gmail.com ya
    terimakasih

    BalasHapus
  31. Mas Aan terimakasih atas artikelnya, jadi semangat belajar dan makin cerah jalannya hehe
    Kalau tidak keberatan aku boleh minta dikirimkan file2 diatas mas ke luisa.pardosi@gmail.com?

    Terimakasih Mas Aan, semoga terus menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Luisa,

      semoga nilai ielts sesuai target ya. Sudah aku kirim materinya. semoga bermanfaat

      Hapus
  32. Halo mas,
    jikalau gk keberatan boleh saya mnta link download file materi IELTS??

    Terima Kasih mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emailnya mas : myusuf.teklink1496@gmail.com

      Hapus
    2. Hello Yusuf, sudah saya kirim ya materinya, semoga bermanfaat

      Hapus
  33. Sangat mengispirasi sekali dan jadi tambah semangat belajar IELTS lagi..kalau tdk keberatan sy mohon utk dikirimi link download materi ielts ke denofa2212@gmail... Terimakasih banyak mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Dessy, terimakasih. Sudah saya kirim ya materinya

      Hapus
  34. Haloo mas AAn,

    Salam kenal ya,
    Tulisan ini sangat membuat semangat pembacanya, benarrr.
    Terima kasih ya... sangat menginspirasi sy. Terutama yg bikin jadual harian... wahhh memang harus begitu kok, biar lebih ada konsistensi. Di situ sy merasa kelemahan sy yaitu kurang ada konsistensi. Hari ini belajar 2 jam, besuk 3 jam, besuk lagi 4 jam... sering kegeser2 dg aktifitas lain, karena memang ngga bikin jadual.

    Mau tanya, mas Aan pakai buku Barron ngga? gimana mnrtmu buku ini. Aku ada buku tebal punya Barron (yg umum) dan 1 lagi yg kusus Writing skills.

    Bila ada waktu sy minta materinya dong mas Aan.
    Ini email sy : wury.putri@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih mas AAn sudah berkenan berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Wuri. iya memang harus belajar keras dan belajar cerdas. Jangan menyerah ya. Iya saya pakai buku Baron juga untuk mengerjakan latihan soal dan belajar kosa kata baru dari buku Barron. Buku ini juga bagus.

      link file sudah saya kirim ya. Semangat

      Hapus
  35. Mas Aan sangat mengispirasi. Mas apakah sebelumnya mas Aan belajar grammar dulu baru bikin jadwal atau bagaimana? Sepertinya saya akan mengadop jadwal belajar mas Aan. Kalau berkenan mohon kirim download untuk saya print ini alamat email saya fitriyustitiaaditya91@gmail.com terimakasih semoga diberkahi terus mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Fotri,
      kalau soal grammar, saya sebelumnya sudah belajar grammar sejak belajar bahasa inggris di kuliah S1. kebetulan ada kuliah bahasa inggris 6 SKS. tapi ini hanya sebatas grammar basic. Sedangkan grammar yang fokus ke ielts, ini akan dengan sendirinya kamu belajar jika kamu mengerjakan latihan di buku dan belajar ielts secara intensif. Tidak semua grammar di pakai.

      Silakan.

      link ateri sudah saya kirim ya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  36. Jika tidak keberatan boleh saya minta materi IELTS nya, tolong dikirim ke email asep.ibrahim50@gmail.com, Sukses selalu,moga diberikan kesehatan dan keberkahan... amiinnn...terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Asep,

      link materi ielts sudah saya kirim ya, good luck

      Hapus
  37. Halo kak! Tulisannya bermanfaat sekali. Jika ada waktu bisa tolong kirim Link dan pdf materi IELTS ke email saya sianturiechi@gmail.com. Thanks

    BalasHapus
  38. Assalamualaykum warahmatullah
    hallo ka aan:)

    kalau boleh tau berapa kira-kira budget yang ka aan keluarkan untuk membeli buku persiapan ielts yg kaka pakai dulu?


    kalau kk berkenan, minta tolong kirimkan link untuk bahan belajar ielts ke email ini ya ka

    twinizerswirlies@gmail.com

    terimakasih banyak ka;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb,

      kebanyakan saya print secara terpisah. Kalau di total dengan buku bisa kira kira 400an ribu atau lebih.
      Sudah saya kirim. Semoga bermanfat ya.

      Hapus
  39. malam mas, saya berencana bljr ielts jg. jika berkenan saya ingin dikirimkan link untuk ebook dan yg lainnya. terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Todora,

      boleh, silakan tulis alamat emailnya di sini yaa

      Hapus
  40. Halo kak, saya Rachma mau lanjut kuliah lagi rencananya, tapi trial IELTS masih 4.5. Mohon share link nya untuk bahan belajar. Tips-Trik nya mantab, saya bakal coba juga! Trims
    (email: evirachma07@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rachma,

      Semangat belajar ya, semoga mendapatkan skor IELTS sesuai target segera. Silakan cek email, sudah saya kirim

      Hapus
  41. Halo kak, tulisannya sangat memotivasi sekali bagi saya yang sedang belajar IELTS. Mohon share linknya kak untuk bahan bahan belajar IELTS dari kakak. Terimakasih kak, semoga sukses selalu
    (pardosirita10@yahoo.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rita,

      terimakasih. Link sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  42. thanks mas aan, bisa kirim link pdf u ielts yang tidak terhyped link ke email sy: optimeminerva@gmail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi English Corner,

      Apakah ini merupakan lembaga belajar resmi? Saya sangat menyarankan jika memang ini lembaga pembelajaran resmi, lebih baik untuk membeli buku yang legally available di pasaran, apalagi jika kamu akan menggunakannya untuk hal yang berkaitan dengan komersial.

      tapi saya berharap ini akan tetap bermanfaat, silakan cek email.

      Hapus
  43. Selamat malam mas, saya baru saja berniat untuk mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS, mohon ijin mas apakah saya bisa meminta bahan belajar IELTS nya? jikalau mas nya berkenan mohon untuk dapat menghubungi saya melalui email di alfan.noviyansyah.s@gmail.com. terima kasih. semoga kebaikan mas dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Alfan,
      semoga segera mendapatkan hasil IELTS sesuai target ya, silakan cek email. Good luck

      Hapus
    2. terima kasih banyak mas.. emailnya sudah saya terima dan materi sudah saya unduh.. sukses selalu untuk mas Aan

      Hapus
    3. Hello Alfan,

      sama sama. Good luck

      Hapus
  44. Halo Mas, saya Yusri. Saya sedang merencanakan untuk mengambil test 2-3 bulan kedepan, nilai simulasinya masih di kisaran angka 5. Mohon share link bahan belajar -nya jika berkenan (yusrilutfi@gmail.com), ada beberapa yang belum saya dapat. Tips-nya berguna sekali mas, terutama membagi waktu buat sekaligus kerja, :). Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Yusri,

      silakan cek email ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  45. Hi kak, aku ada rencana ambil beasiswa dan harus tes IELTS. kalo boleh share materi dsb yang bersangkutan dengan IELTS ny ke email velonita@yahoo.com. terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Velonita, sudah saya kirim ya, silakan cek email. Good luck

      Hapus
  46. dear mas Yudianto,

    bolehkah di share link donwload untuk belajar IELTS. tulisan di blog ini sangat menginspirasi untuk waktu belajar yang mepet. saya ikuti semua masukan2 yang ada di tulisan ini. kalau boleh di share bahannya ke email listyofitri@gmail.com

    terimakasih

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Fitri,

      sudah saya kirim email ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  47. salam kenal mas Aan

    ngga sengaja nemu artikel kece yang disampaikan mas aan, sangat menginspirasi. hanya hanya punya waktu satu bulan buat ikut test ielstnya mas, dulu waktu mas aan berapa lama belajarnya sampai dapan band 7 ? satu lagi mas, klo boleh share materi-materi IELSTnya kirim ke email kamaluddinjae@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi,
      Terimakasih. Saya belajar intensif selama 6 bulan, mulai dari start band 4.5 hingga dapat skor 7.

      Boleh. silakan cek email nya yaa. Semoga bermanfaat

      Hapus
  48. Salam kenal mas aan. aku rizka dri Pontianak . Tulisannya buat aku jdi semangat lgi belajar ielts. Aku smpat gk mau lagi bljar ielts sewaktu ditolak dri lpdp buat tahun ini. Mas Kalau gk keberatan boleh gk dishare materi2 ielts nya ?

    Ke email ini rizqawahdini@yahoo.co.id



    Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rizka, salam kenal, saya dari Yogyakarta. Jangan pernah menyerah dari apa yang sudah kamu mulai ya, selesaikan sesuai target! begitu juga IELTS ini.

      Boleh. silakan cek email nya yaa. Semoga bisa menambah semangat belajar

      Hapus
  49. kak bsa minta linknya ??? muhammadidman@gmail.com

    terima kasih banyak sebelumnya kak

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum kang, saya Nur dari Bandung. terima kasih banget kang tulisannya bermanfaat banget kang buat saya yang mau persiapan tes ielts. Apakah saya bisa minta ebook buku2 yang akang pake? Hatur nuhun kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb,
      boleh silakan tulis email nya yaa

      Hapus
  51. Mantap sharing nya mas. bermanfaat dan memotivasi
    Kalau boleh, saya juga minta link file untuk persiapan IELTS nya Mas
    alamat email : rhyef_one@yahoo.com

    Terima Kasih atas bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, silakan cek email ya, link nya sudah saya kirim

      Hapus
  52. Assalammu'alaikum, mas Aan. Halo mas saya Diyon adik tingkatnya mas Aan di Garuda UNY tapi beda divisi mas, klo saya di PR hehe
    Saya sudah baca dari atas sampai bawah, dan detail banget terima kasih mas sangat bermanfaat dan memotivasi kami
    Kalau boleh saya juga boleh dikirimin link file untuk persiapan IELTS nya mas

    Ke e-mail: diyon.vdb@gmail.com

    Terima kasih, Mas Aan
    Barakallah, Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Diyon,

      link nya sudah aku email ya.
      Wahh, boleh kok kalau ini di share ke teman teman Tim biar makin banyak yang bisa menyusul studi lanjut.

      Semoga ilmu nya barokah ya. Semangat

      Hapus
  53. Assalamualaikum Mas Aan. Postingan nya sangat bermanfaat. kalau boleh saya juga minta link file untuk belajar dan persiapan IELTS nya Mas.

    ni emailnya : nasarudinms@gmail.com

    Terimakasih Mas Aan. Sukses Selalu..

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum
    Mas aan sebelumnya Terimakasih banya ats petunjuk yg mas bagikan dalam artikrl ini yg sangat bermanfaat. Semoga sy bs dpt skor seperti mas yah. Aamiin ya Allah

    Oh iya mas yolong kirimkan link downloadnya k sini yh mas:

    Novakurniasari828@gmail.com

    Terimakasih banyak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Aamiin. semoga segera mendapatkan skor ielts sesuai target. Silakan cek email yaa

      Hapus
  55. Hallo kak. Sangat bermanfaat. Mau donk linnya, kirim ke elviy246@gmail.com OK

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum. Kak AAn, thanks for your sharing, your writing is the best to all peaople who need to improve their IELTS, include me.
    Mau ya Mas, link materinya. email sy: osmaleli@gmail.com. matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. sudah saya kirim ya. check your inbox

      Hapus
  57. Assalamualaikum Mr. Terimakasih artikelnya sangat menginspirasi. Saya rencana mau official 6 bulan lagi, semoga bisa meniru jejak mr. Kalau dibolehkan saya mau juga materi2 nya Mr. Email saya thoriqibrohim9@gmail.com Terimakasih banyak mr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, sudah saya kirim ke email ya, semoga target segera tercapai...

      Hapus
  58. hallo kak, salam kenal saya indri. terimakasih sudah berbagi tipsnya. ples quote nya sahabat Ali bin Abi Thalib yg ngena banget, kayak ditampar kalo nggak usaha keras. bila berkenan tolong kirimkan saya link download file yg sudah kakak pelajari ke ais.aisyahindri@gmail.com . thanks kak semoga sukses dn berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Indri,
      Jangan menyerah ya, semoga Allah ridho. Sudah saya kirim ke email ya, coba di cek

      Hapus
  59. Your article is very attractive! I really like your post and l got more info from your post. I want more additional details about this topic. Thank you for your sharing and well done.
    IELTS coaching in Chennai
    IELTS coaching centre in Chennai
    TOEFL Coaching in Chennai
    Japanese Classes in Chennai
    Spoken English Classes in Chennai
    IELTS coaching in Adyar
    IELTS coaching in Porur
    IELTS coaching in Anna Nagar

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum,
    Saya Yulia, keren sekali tips nya, semoga ilmunya bermanfaat. Menginspirasi jadwalnya paling ujung tahajud yg utama.
    Boleh share materi nya seperti yg lain ke email saya yuliadewi.ns@gmail.com
    Semoga mjd amal yg barokah.
    Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Muslimah,
      Tidak ada lagi yang bisa kita lakukan setelah berusaha, ikhtiar sebaik baiknya, adalah berdoa.
      Aamiin. SUdah aku kirim email ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  61. Assalamualaikum,
    Saya Yulia, keren sekali tips nya, semoga ilmunya bermanfaat. Menginspirasi jadwalnya paling ujung tahajud yg utama.
    Boleh share materi nya seperti yg lain ke email saya yuliadewi.ns@gmail.com
    Semoga mjd amal yg barokah.
    Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Muslimah,
      Tidak ada lagi yang bisa kita lakukan setelah berusaha, ikhtiar sebaik baiknya, adalah berdoa.
      Aamiin. SUdah aku kirim email ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  62. Halo, aan salam kenal.
    Thanks untuk sharing tips2nya. Saya rencana mau ikut tes juga kira2 akhir juni.

    Boleh saya minta materi ielts nya tidak?
    Kalau aan berkenan tolong di emailkan ke ledy.inoo@gmail.com
    Thanks ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ledi,
      boleh. sudah saya email ya, semoga sukses

      Hapus
  63. Assalamualaikum Kak Aan. Terimakasih utk tips2 dan ilmunya yg bermanfaat. Jika berkenan, boleh saya minta materi IELTS nya? berikut alamat email saya.
    Jantika94@gmail.com. Sukses selalu,smoga diberikan kesehatan dan keberkahan, amiin. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,
      boleh. SUdah saya kirim ya,
      aamiin.. doa yang sama untukmu juga

      Hapus
  64. Hallo kak, i'm so motivated setelah baca blog kaka, kalau boleh saya bisa minta file materi ieltsnya kak? Email: virotethinnakorn@gmail.com thank you kak, Good luck buat kakak kegepannya God bless😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Aditya,
      boleh. cek email ya, sudah aku kirim. the same wish goes with you

      Hapus
  65. Kak Aan, boleh di email link download material IELTS nya ke citrararadevi21@gmail.com . Thank you in advance:)

    BalasHapus
  66. Halo kak Aan, makasih buat tips n triknya. Kalo boleh, sy minta file nya dong kak 😁.. Boleh dikirim ke email yvonnemalawat@gmail.com. makasih kak. God bless :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello, boleh. sudah aku kirim ya, silakan di cek. semoga bermanfaat

      Hapus
  67. Assalamualaikum kak aan, boleh minta filenya kak kirim ke email khadijahayunda@gmail.com terimakasih kak, semoga hidupnya berkah selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb, boleh. sudah aku kirim ya, aamiin. doa yang smaa buat kamu barakallah tabarakallah

      Hapus
  68. Wah keren kali. penjelasan yang realistis sekali. Bisa diterapkan untuk yg bekerja seperti saya. soalnya memang saya juga jadwalnya kerja dari 07.30-16.00. Ilmu yg bermanfaat sekali. Mas Aan, bisa minta tolong share file latihannya di sini mrhoward057@gmail.com. Termikasih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih. bisa. cek email ya, semoga sukses

      Hapus
  69. Artikelnya sangat menginspirasi sekali, setidaknya sudah dapat gambaran bagaimana IELTS tersbut. Bisa dikirimkan tidak mas materi IELTS nya agar saya bisa mengikuti jejak mas dapat Band Score 7.0. Kirim ke fajarriyanto70@gmail.com. Ditunggu ya mas. :)
    btw saya dari UNY juga mas. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo Fajar, salam kenal sama sana alumni UNY. sudah saya kirim ya, silakan di cek. good luck

      Hapus
  70. Hallo mas, artikel yg sangat menarik dan benar2 menginspirasi. Btw, sya udh download beberpa materi, tp sebagian ada yg ga bisa! Jd kalau ga kberatan, bisa sya minta materi/material ielts, e-mail: achfas91@gmail.com
    Trims sebelumnya :):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih. bisa. cek emailnya ya. semoga bermanfaat

      Hapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  73. Bagus sekali schedule yg dibuat,,sangat menginspirasi. Boleh di share gak kak aan materi ieltsnya ke afahmids@gmail.com. Makasih yaa kak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo ahmad, boleh. sudah aku kirim. semoga beruntung.

      Hapus
  74. Wow keren mas, tulisannya sudah membuat saya terinspirasi :). Btw, saya minta izin mencotoh daily schedulenya ya. Selama ini saya belajar bahasa Inggris tanpa ada evaluasi dan ini membuat belajar saya terasa lama. jadi saya tidak bisa mengindentifikasi mana yang benar2 harus diperkuat lagi. Oiya, kalau tidak keberatan saya minta tolong untuk dikirimi materi IELTS nya ke alamat email vaxstov@gmail.com. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo aara, silakan. cek email ya, semoga segera dapat nilai ielts sesuai target

      Hapus
  75. Hallo kak, terima kasih sebelumnya karena tulisan ini sangat bermanfaat, dapat membangkitkan semangat saya untuk kuliah di luar negri, kak bisa minta tolong share materi IELTS ke email lubisjannah3@gmail.com ,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bisa. cek email ya. semoga bermanfaat

      Hapus
  76. hallo kak.. baru mampir ke blog kakak.. kebetulan saya blm lulus S1 tapi saya sudah ingin belajar IELTS.. boleh minta kirimkan link belajarnya ga kak? Fadhilahrestupratiwi1204@gmail.com terimakasih kaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, memang harus belajar dari awal. sudah aku kirim. silakan di cek ya

      Hapus
  77. Halo kak, senang sekali dapat menemukan artikel kakak di blog ini.. saya sedang memperjuangkan beasiswa kak, boleh minta tolong kirim link materi ielts ke email saya? aini.gama@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, boleh. silakan cek email ya, semoga sukses

      Hapus
  78. terimakasih tips nya ya, sangat bermanfaat :)

    semoga anak muda indonesia punya semangat yang tak pernah putus serta harapan yang tak pernah hilang dalam mewujudkan impian dan cita-cita nya, selain menikmati kemudahan yang di berikan oleh pemerintah, yuk coba pahami Tips cerdas menggunakan KJP supaya kita tidak keliru dalam menggunakannya :)

    BalasHapus
  79. Hallo. Wah, perjuangan yang fantastis. Apakah boleh minta tolong untuk mengirimkan link materi materi ielts tersebut ke email saya veronica.agh14@gmail.com

    BalasHapus
  80. Hallo kak aan artikelnya sangat bermanfaat sekali untuk saya yang lagi berjuang untuk ielts hehe terima kasih :)
    Apakah boleh untuk mengirimkan link materi ieltsnya ke email saya @coliestevani@gmail.com? Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, bolej. cek email nya ya, semoga penuh manfaat

      Hapus
  81. Assalamualaikum mas aan. Saya baru saja melihat artikel cara belajar ieltsnya mas aan yg sangat menginspirasi. Saya punya cita-cita untuk melanjutkan ekstensi di UK mas. Namun saya terkendala waktu bila ingin mengikuti kelas kursus karena padatnya jadwal kuliah. Kalo mas aan tidak keberatan boleh saya minta materi ielts nya mas, bisa dikirim ke alamat email shafinanada.sn@gmail.com .
    Terima kasih banyak sebelumnya mas, semoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb,
      sudah aku kirim. semoga segera tercapai ya target ya. semangat

      Hapus
  82. Assalamualaikum mas aan. Saya baru saja melihat artikel cara belajar ieltsnya mas aan yg sangat menginspirasi. Saya punya cita-cita untuk melanjutkan ekstensi di UK mas. Namun saya terkendala waktu bila ingin mengikuti kelas kursus karena padatnya jadwal kuliah. Kalo mas aan tidak keberatan boleh saya minta materi ielts nya mas, bisa dikirim ke alamat email shafinanada.sn@gmail.com .
    Terima kasih banyak sebelumnya mas, semoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb,
      sudah aku kirim. semoga segera tercapai ya target ya. semangat

      Hapus
  83. Selamat malam, kak.
    Sebelumnya terima kasih banyak atas rangkuman tips yg informatif sekali. Jika boleh saya minta tolong didikirdikirimk link download untuk modulnya ke alamat email haffatayahfitu@gmail.com
    Terima kasih ya, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sama sama. semoga bermanfaat. Sudah aku kirim, cek yaaa..

      Hapus
  84. Assalamualaikum wr wb. Tulisannya sangat inspirasi. kalau boleh minta link download buku dan modulnya ke dnudiansah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb. boleh, cek email nya yaaa... semoga bermanfaat

      Hapus
    2. halo doni, emailnya tidak terkirim, mungkin salah ketik ya itu kamu.

      Hapus
  85. terima kasih atas informasinya, saya akan mencoba tips dan triknya karena selama ini saya merasa kurang sesuai dalam belajar ielts

    BalasHapus
  86. Haloo mas Yudi,
    artikelnya sangat bermanfaat, saat ini saya dalam masa persiapan IELTS
    mohon kirimkan linknya ke alamt suryadipappa21@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Suryadi,
      sudah saya kirim ya, semoga bermanfaat

      Hapus
  87. Nice info 🙏 boleh minta link materi dan pdf ielts nya? Email saya : frisbellvania@gmail.com
    Terimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, sudah saya kirim, semoga dapat membantu yaa

      Hapus
  88. infonya bermanfaat sekali mas
    kalau boleh, tolong kirimkan materi nya mas
    emailnya: afifaulianovirman@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  89. Hallo mah terimakasih sudah sharing informasi detail! seneng bisa nemu blog ini, karena aku sendiri punya waktu dua bulan kurang lebih untuk mempersiapkan IELTS test yang akan dilaksanakan desember awal. mau nggak mau aku harus belajar mandiri! terkait buku-buku yang Mas rekomendasi kan, boleh saya minta kirim ke email saya?

    email: permatasari.intanindah@gmail.com

    thank you x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, link sudah aku kirim ya, cek emailnya. Semoga sukses lancar untuk IELTS nya

      Hapus
  90. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Halo Mas Dian, terima kasih atas sharingnya.
    Saya mengalami hal yang sama juga, saya lulusan dari elektro yang berkutat dengan robot. Ketika ingin melanjutkan studi, kewalahan dengan bahasa. Beasiswa sudah didapat, namun masih bermasalah dengan syarat bahasa ielts di kampus.
    Boleh saya minta link file dan materi IELTS untuk dikirim pada email saya (muhammad.arifin.ee@gmail.com)? Saya ingin menerapkan cara belajar mas dian sebagai referensi belajar saya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat atas beasiswa yang didapatkan ya. link sudah saya kirim, semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  93. Halo Mas, artikelnya sangat membantu. Saya berencana mengambil kursus IELTS, tapi takut sekali, apalagi biayanya tidak murah, kebetulan ada sedikit pilihan tempat kursus di domisili saya. Ditambah posisi saya sudah bekerja, jadi saya berusaha belajar mandiri dulu dalam beberapa bulan ke depan. Kalau tidak keberatan, Mas Aan tolong kirimkan link materi buku-buku yang direkomendasikan ke email saya juwita.arfaini@gmail.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Juwita, link sudah saya kirim ya, cek emailnya. Semoga berhasil dalam belajar ielts nya

      Hapus
  94. Selamat Sore mas aan
    Terimakasih sudah berkenan untuk memberikan sharing.
    Jika diperbolehkan, boleh dikirimkan link materi buku-buku yang direkomendasikan ke email saya afifazhar34@gmail.com
    terima kasih mas. sukses selalu untuk mas aan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Afif, doa yang sama untuk kamu. link sudah saya kirim ya, silakan di cek

      Hapus
  95. Halo mas Aan, jika berkenan boleh dikirimkan link materi buku-buku yang direkomendasikan ke email : putrianggraeni47@gmail.com terima kasih atas sharingnya semoga menjadi ladang pahala utk mas. tks

    BalasHapus
  96. Hallo mas Aan. Saya pengen banget bisa nerusin kuliah diluar dpt beasiswa. Tp saya emang masih basic banget bahasanya dan belum pernah test IELTS. Tp saya mau berjuang untuk 6 bulan semoga kesampaian. Kalau bisa bagi materinya ke trinitaoctaviani@gmail.com . Thank u

    BalasHapus
  97. Halo kak, saya Sri Wahyuni
    Saya baru baca tips dan trik dari kakak dan itu keren banget..
    Jujur saya juga saat ini masih belajar IELTS untuk persiapan tes di tahun depan.. InsyaAllah
    Kalo boleh, bisakah saya minta materi atau e-book berkaitan dg IELTS
    Ini email saya sri.wahyuni1459@gmail.com

    BalasHapus
  98. Selamat pagi mas aan,, saya baru baca postingan ini di november 2019 :) ...sangat bermanfaat sekali untuk saya..boleh saya minta Link dan pdf materi IELTS nya mas? alamat email saya imelerna@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya,,semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
  99. Assalamualaikum mas Aan, jika berkenan boleh dikirimkan link materi buku-buku yang direkomendasikan ke email : fajar.marendra@gmail.com terima kasih atas sharingnya semoga menjadi ladang pahala utk mas. tks

    BalasHapus
  100. Selamat sore mas, makasih banyak artikelnya keren abis bahkan tetep menginspirasi setelah 2 tahun dan saya yakin kedepannya akan semakin banyak juga yang membutuhkan. Semangat terus mas

    BalasHapus
  101. Halo mas saya rizki. kKbetulan saya juga baru akan start preparing for ielts untuk study ke luar negeri insyaallah. Boleh kirim link bukunya mas ke email saya hehe
    anandarizkiii203@gmail.com thanks in advance mas

    BalasHapus
  102. Assalam...
    Maaf mengganggu kesibukannya mas, klo boleh link buku-buku atau materi-materi nya..
    purnama1950@gmail.com

    Jazakumulloh khoiron katsiron

    BalasHapus
  103. Hai kak, terimakasih informasinya sangat membantu. Kebetulan saya juga sedang persiapan mau belajar IELTS. Jika berkenan saya juga minta link buku-buku materinya kak. Email saya di familiamariaf@gmail.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  104. Saya membutuhkan partner untuk belajar ielts terutama speaking dan writing. Mari kita membuat grup otodidak untuk berbagi. Trinitaoctaviani@gmail.com

    BalasHapus
  105. Assalamualaikum mas sangat menginspirasi sekali. Jika berkenan boleh kirimkan link materi ke irda.mutiari.dinita@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  106. Wah mantap mas.pejuang sejati.mudah2 saya bisa mengcopy paste perjuangannya.. Bisa tolong kirim Link dan pdf materi IELTS ke email saya feredian@gmail.com

    Terimakasih banyak.

    BalasHapus
  107. halo mas bermanfaat sekali sharingnya, bisa minta tolong kirim materinya mas? ke fitrameliaaa@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  108. Keren mass aan

    Saya juga mau link materi IELTS nya boleh?

    Ini email saya ya mas ribkapanjaitan278@gmail.com

    BalasHapus
  109. Halo kak Aan, saya Windy,blog nya bermanfaat sekali, aku mau tes IELTS kak, insyaa Allah rencananya mau ngambil S2, kalo kakak ada waktu please kirimin pdf materinya hehe terima kasih kak☺

    BalasHapus
  110. Waduh lupa naruh email😭 saya windy kak, di komentar sebelumnya lupa naro email. @wdyltr@gmail.com terima kasih banyak kakk

    BalasHapus
  111. Assalamualaikum mas sangat menginspirasi sekali. Jika berkenan boleh kirimkan link materi ke nurfijrin@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus